Implementasi e-Government dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pematangsiantar

Authors

  • Nurjanna Universitas Negeri Medan
  • Julia Ivanna Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8126

Keywords:

e-Government, Pelayanan Publik, Good Governance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi e-Government dalam meningkatkan pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pematangsiantar. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa pengimplementasian e-Government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pematangsiantar sudah terlaksana dengan baik namun belum sepenuhnya berhasil. Elemen value dan support sudah terpenuhi secara maksimal. Hanya saja dalam pelaksanaannya ditemukan bahwa elemen capacity masih membutuhkan perbaikan. Masyarakat kesulitan memahami cara untuk memasukkan berkas pada website dan membutuhkan video panduan penggunaan. Serta dalam pengaplikasian masih saja terjadi kendala jaringan pada sistem yang membuat elemen kemampuan (capacity) masih belum optimal.

Downloads

References

Abdurrohim. T. (2024). The Effectiveness of Implementing Population Service System Through Klampid New Generation. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis. 5(2): 684-700.

Choirunnisa, Laili, dkk. (2023). Peran Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (Spbe) Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Hukum dan Perubahan Sosial. 3(1): 72-95

Haris. A. (2023). Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintahan Melalui Penerapan E-Government Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kabupaten Manggrai Timur. Indonesian Journal Of Intellectual Publication. 3(3): 148-154

Kinanto, Aco. (2023). Implementasi Kebijakan E-Government Pada Sistem Aplikasi Layanan Dukcapil Smart (Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul). Jurnal Enersia Publika. 7(2): 149-164

Maudina, dkk. (2024). Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program Simpelin Ditinjau Dari Perspektif E-Government Di Kabupaten Sukabumi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi. 15(1): 121-135

Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Peraturan Wali Kota Pematangsiantar No 02 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Berbasis Elektronik Kota Pematangsiantar.

Rahmadhani. S. (2024). Pelaksanaan Digitalisasi Pelayanan Pada Website “Sipenduk Online” Di Disdukcapil Kabupaten Semarang. Journal Of Politic and Government Studies. 13(2):

Shafira, dkk. (2023). Penerapan e-Government Melalui Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukan Pada Situs Web “PERMEN MANIS” di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung 2021. Jurnal Administrasi Pemerintahan. 3(1): 130-143

Wijatmoko.T. (2021). Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Government Menggunakan Dimensi E-Govqual Studi Kasus Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Diy. UIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Nurjanna, & Ivanna, J. (2025). Implementasi e-Government dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 293–298. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8126