Menyiapkan Pendidik Sebagai Pemimpin Masa Depan: Studi Literatur Tentang Pengembangan Kepemimpinan Dan Peran Transformasional

Authors

  • Aji Sadewo Wahyu Eka Hartoyo Universitas Tanjungpura
  • Luhur Wicaksono UNIVERSITAS TANJUNGPURA
  • Marinu Waruwu UNIVERSITAS TANJUNGPURA

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8147

Keywords:

Transformasional Kepemimpinan, Pemimpin Masa Depan, Pengembangan Kepemimpinan.

Abstract

Penelitian ini menyoroti krusialnya pengembangan pendidik sebagai pemimpin transformasional. Di era digital dan Society 5.0, peran pendidik tak lagi sekadar mengajar, melainkan juga menginspirasi, memimpin perubahan, dan beradaptasi dengan lingkungan pendidikan yang dinamis. Melalui studi kepustakaan kualitatif naratif deskriptif, ditemukan bahwa kepemimpinan transformasional efektif meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru, serta komitmen afektif di lingkungan pendidikan. Gaya kepemimpinan ini juga mendorong inovasi, kolaborasi, dan penguatan hubungan interpersonal untuk menghadapi tantangan zaman. Oleh karena itu, membekali pendidik dengan keterampilan kepemimpinan transformasional sangat penting guna mencetak pemimpin masa depan yang mampu menjawab tantangan global dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

References

Adiwantari, S. A., Bagia, I. W., & Suci, N. M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. BISMA: Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 101–111.

Ahmad Yani, Rustam, Agus Syahrani, Sulha, Mahmuda Sumarno. (2024). The Effect Of Transformational Leadership Towards Affective Commitment In Vocational Schoolof West Kalimantan. Journal of Education, Teaching, and Learning, 33(3), 111–121.

Bass, B. M. (1998). Transformational Leadership: Industrial. Military, and Educational Impact, Mahwah.

Cunaya, C., & Imamah, I. (2023). Peranan Guru dalam Menerapkan Praliterasi Sejak Anak Usia Dini melalui Media Teknologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:265567222.

Diandra, D. (2019). Program pengembangan kewirausahaan untuk menciptakan pelaku usaha sosial yang kompetitif. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1340–1347.

Ina Wai, F. (2024). Meningkatkan Model Kepemimpinan Dan Pendidikan Menghadapi Pembelajaran 4.0 Dan Society 5.0. Atma Reksa Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 8(1), 29–36. https://doi.org/10.53949/arjpk.v8i1.3

Koswara, N., Aryani, W. D., Yulianti, L., Armiyanti, A., & Lova, N. R. (2023). Kepemimpinan Pendidikan Masa Depan dan Kekinian Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi;Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 170–184. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.686

Lase, D. (2019). Education and industrial revolution 4.0. Jurnal Handayani, 10(1), 48–62.

Meidelina, O., Saleh, A. Y., Cathlin, C. A., & Winesa, S. A. (2023). Transformational leadership and teacher well-being: A systematic review. Journal of Education and Learning, 17(3), 417–424. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20858

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Muhammad, J., Sahromi, S., & Alhadihaq, M. Y. (2023). Transformasional Leadership. In Ruang Karya Karya.

Rasyid, S. (2022). Sistem Pendidikan Tahfidzul Qur’an Dalam Membentuk Karakter Pemimpin Berintegritas Di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Dan Daarul Qur’an Bandung (Studi Kasus Kepemimpinan di Pesantren). Universitas Pendidikan Indonesia.

Riatri, D. P. (2023). Mengubah Kelemahan Menjadi Peluang Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah. Satya Widya, 39(1), 32–39. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i1.p32-39.

Rohimah, R. B., Atqiyya, P. Y., & Maharani, D. (2021). Peran Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 7(1).

Soewarto, et al. (2023). PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN. In Literasi Nusantara Abadi Grup (Vol. 6, Issue 3). Literasi Nusantara Abadi Grup. https://penerbitlitnus.co.id/portfolio/pengembangan-kepemimpinan-pendidikan/

Srinana Wardani, I. (2014). Guru sebagai Pemimpin Pendidikan. Buana Pendidikan, 10(18), 27–32. ttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1290.

Syahrinullah. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Memotivasi Dan Meraih Kinerja Luar Biasa. https://divapustaka.co.id/product/peran-kepemimpinan-dalam-memotivasi-dan-meraih-kinerja-luar-biasa/

Terry, R. D., & Katzman, R. K. (1983). Senile dementia of the Alzheimer type. Annals of Neurology: Official Journal of the American Neurological Association and the Child Neurology Society, 14(5), 497–506.

Triyadi, J., & Adhiatma, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepercayaan Kepada Pimpinan dan Performa Individu. Journal of Administration and Educational Management, 6, 544–562. https://doi.org/10.31539/alignment.v6i2.7625.

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam PENDIDIKAN. DEEPUBLISH. https://naqibabookstore.com/product/buku-kepemimpinan-transformasional-dalam-pendidikan/

Zenaida, Y. C., Ardiansyah, D., & Widodo, W. (2023). Membentuk Generasi Pemimpin Masa Depan: Eksplorasi Pendidikan dan Pengasuhan Anak Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 257–274. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).14282

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Hartoyo, A. S. W. E., Wicaksono, L., & Waruwu, M. (2025). Menyiapkan Pendidik Sebagai Pemimpin Masa Depan: Studi Literatur Tentang Pengembangan Kepemimpinan Dan Peran Transformasional. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 382–391. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8147