Pengaruh Metode Debat Terhadap Partisipasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8183Keywords:
Metode Debat, Partisipasi Belajar, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat terhadap partisipasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hasil observasi awal menunjukkan bahwa tingkat partisipasi mahasiswa masih tergolong rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran di perguruan tinggi serta menjadi acuan bagi dosen dalam memilih metode yang efektif. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimental dengan model one group pretest-posttest, di mana partisipasi mahasiswa menjadi variabel terikat dan metode debat sebagai variabel bebas. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 60,70 (pretest) menjadi 71,38 (posttest). Selain itu, observasi terhadap 20 indikator menunjukkan peningkatan dalam partisipasi aktif, penyampaian argumen, dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Analisis menggunakan SPSS menghasilkan nilai signifikansi 0.000 (<0.05), sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya, metode debat berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
References
Adi Wijayanto, P. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. In Sugeng Utaya & Ach. Amirudin, Vol. 2, (1).
Ahmad Farid Zamzami, & Aida Arini. (2023). Implementasi Metode Debat dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 163–178.
Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Islam Negeri Raden Fatah Palembang Abstract, U. (n.d.). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001
Anisah, A. S., & Suntara, H. (n.d.). Penerapan Metode Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. www.journal.uniga.ac.id
Dewi, M. Y., Ulfah, M., Program, J. H. M., Pendidikan, S., Fkip, E., & Pontianak, U. (n.d.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Akuntansi.
Dwijendra, U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Melalui Metode Debat Pro Dan Kontra Pada Siswa Kelas Viii B Smpn 3 Mengwi Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2020/2021 I Gede Sujana. Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1). http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/index
Eryadini, N., & Nafisah, D. (2017). Pengembangan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa Yang Memiliki Gaya Belajar Berbeda Melalui Penerapan Metode Debat. In Durrotun Nafisah | Pengembangan (Vol. 154, Issue 2).
Fahrozy, F. P. N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093–3101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2098
Farid Zamzami, A., & Arini, A. (n.d.). Implementasi Metode Debat dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. https://doi.org/10.54471/nusantara.v3i2.49
Fatah, A., Suhaili, M., & Farida, I. (2021). Analisis Indikator Pendidikan: Partisipasi Pendidikan di Indonesia Periode 1994-2018. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 555. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3516
Gede, I., Widarmana, P., Yudana, M., & Natajaya, N. (2015). Pengaruh Metode Debat Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Ditinjau Dari Ekspektasi Karir Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xii Sma N 1 Kerambitan (Vol. 6, Issue 1).
Ginanjar, E. G., & Darmawan, B. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. In Journal of Mechanical Engineering Education (Vol. 6, Issue 2).
Marini, N., Romanus Turnip, B., Puspita, D., Simalungun, U., Sisingamangaraja Barat, J., Kapul, B., Sitalasari, K. S., Pematang Siantar, K., & Utara, S. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi. Journal on Education, 06(01).
Nugraha, S. E. (2022). Penerapan Metode Debat Dalam Mata Pelajaran PPKn Untuk Mengembangkan Partisipasi Belajar Peserta Didik. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i2.1132
Risanatul, R., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 327–335. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.74
Rukminingsih, Gunawan Adnan,., & Prof. Mohammad Adnan Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.
Safitri, N. L. (n.d.). Analisis Peningkatan Partisipasi Aktif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Kancing Warna Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., & Albirri, E. R. (2017). Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study. Jurnal Edukasi, 4(3), 54. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6304
Sopianingsih, P., Nurul Insani, N., Muthaqin, D. I., & Masitoh, I. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Kampus Mengajar Tahun 2022 Dalam Mengembangkan Keterampilan Partisipasi Kewarganegaraan Mahasiswa. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Vol. 5, Issue 2).
Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan (Vol. 6, Issue 1).
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar Pada Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Luh Putu Agetania, Ni Wayan Eka Widiastini, Ni Luh Putu Mery Marlinda, I Gusti Agung Ayu Wulandari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.