PENERAPAN MODEL EDUKATIF BERBASIS PENDIDIKAN JASMANI UNTUK ANAK USIA 8-12TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1119Keywords:
Olahraga, pendidikan jasmani, kesehatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model edukatif berbasis pendidikan jasmani untuk anak usia dini pada siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Garuda Indonesia di Kalibata. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah murid yang belajar pada SSB Garuda Indonesia di Kalibata yang berjumlah 6 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan yang belajar di Sekolah Sepak Bola Garuda Indonesia sudah melakukan penerapan model edukatif berbasis jasmani untuk membantu mengontrol emosi dalam melakukan kerjasama tim dan juga mengembangkan emosi mereka. Dengan demikian, penerapan model edukatif berbasis jasmani telah dilaksanakan dengan baik di SSB Garuda Indonesia pada anak 8-12 tahun.