MODEL PANDUAN PRAKTIKUM GIZI OLAHRAGA BERBASIS MULTIMEDIA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN JASMANI UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK

Authors

  • Mira Fuzita Universitas PGRI Pontianak
  • Ramdani Amrullah Universitas PGRI Pontianak
  • Bernabas Wani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.8412

Keywords:

Panduan Praktikum, Gizi Olahraga, Multimedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Model Bahan Ajar Praktikum Gizi Olahraga berbasis Multimedia pada Mahasiswa Prodi penjas Universitas PGRI Pontianak berdasarkan penilaian Ahli Media, Ahli Materi dan tes Respon Pada Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Model R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) karena model penelitian dan pengembangan ini lebih rasional dan lebih lengkap dibanding model lainnya menurut langkah-langkah pengembangan produk. Panduan Praktikum Gizi Olahraga Menurut Ahli Materi dinyatakan Valid dan tidak perlu direvisi, diketahui bahwa rata-rata keseluruhan dari setiap aspek adalah 3,86 dengan kriteria Baik. Model Panduan Praktikum Gizi Olahraga Berbasis Multimedia Praktis digunakan sebagai salah satu Media Pembelajaran Praktikum Gizi Olahraga, diperoleh nilai kepraktisan dengan rata-rata 4,17 dengan kriteria baik dan dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil kedua analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa Model  Panduan Praktikum Gizi Olahraga Berbasis Multimedia (Google Sites) sudah layak digunakan sebagai Media pembelajaran Berupa Panduan dalam Praktikum yang layak digunakan dan Praktis.

Downloads

Author Biographies

Mira Fuzita, Universitas PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Jasmani, FPOK

Ramdani Amrullah, Universitas PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Jasmani, FPOK

Bernabas Wani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Arikunto. S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan penelitian. Rineka cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Asim. 2001. Langkah-langkah Penelitian Pengembangan Metodologi Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran,: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Almatsier, Sunita. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia. Jakarta.

Andi Prawoto. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif. DIVA Press. Jogjakarta

Auliana, R. 2001. Gizi dan Pengolahan Pangan. Adicita. Yogyakarta.

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Depdiknas.

Depkes. 1995. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Jakarta

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Riyadi, H. 2008.Gizi dan Kesehatan Keluarga. Buku Materi Pokok. Penerbit Universitas Terbuka. Jakarta

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT remaja. Rosdakarya. Bandung

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.

Sugiyono. 2017. Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.

Sukadiyanto, & Muluk, D. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Mengajar Fisik (3rd ed.). Lubuk Agung.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Bumi Aksara.

Syafrizal, Dkk. 2009. Gizi Olahraga. wineka Media. Semarang

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Fuzita, M., Amrullah, R., & Wani, B. (2025). MODEL PANDUAN PRAKTIKUM GIZI OLAHRAGA BERBASIS MULTIMEDIA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN JASMANI UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 14(1), 47–60. https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.8412

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.