PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Abstract
Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan khususnya di Kabupaten Sambas, banyak guru yang terhambat untuk pengajuan kenaikan pangkat. Permasalahan yang terjadi adalah dalam pengajuan angka kredit seorang guru harus mampu menulis, melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan menyusun laporan PTK. Berdasarkan identifikasi pemasalahan tersebut maka Tim PKM Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak mengadakan pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas yang bekerja sama dengan MGMP matematika tingkat SMA di Kabupaten Sambas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sambas dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang. rincian langkah-langkah kegiatan pelaksanaan program ini mengacu pada metode yang digunakan yaitu Action Research Methode (perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi). Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dikemukakan pada bagian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas dapat berjalan dengan lancar secara offline dan dapat memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan bagaimana cara penulisan proposal PTK sebagai langkah awal dalam menghasilkan sebuah karya ilmiah. (2) Kegiatan bimbingan yang direncanakan untuk dilakukan dalam bentuk workshop online tidak terlaksana dengan baik, dikarenakan terdapat kendala yang dihadapi oleh peserta.
Downloads
References
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Hodiyanto, H., & Alimin, A. A. (2020). In House Training (IHT) dalam penyusunan karya tulis ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 56-63.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta