PENERAPAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI KELAS X-3 SMAN 4 PONTIANAK
Keywords:
Role Playing, keterampilan berbicara, teks negosiasi, SMAN 4 PontianakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing pada materi teks negosiasi di kelas X-3 SMAN 4 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes lisan serta tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Role Playing dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, memperkuat pemahaman terhadap struktur dan kebahasaan teks negosiasi, serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Ketuntasan belajar meningkat 78%. Kendala yang ditemukan adalah tidak semua siswa merasa nyaman atau mampu memerankan peran yang ditugaskan, metode ini juga membutuhkan waktu persiapan dan pelaksanaan yang cukup panjang, serta membutuhkan ruang yang cukup luas dan kondusif.
Downloads
References
Padmawati, K.D., Arini, N.W., & Yudiana, K. (2019). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190-200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Sari, R.K. (2020). Efektivitas penggunaan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada Bahasa Indonesia tingkat SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 61-67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.582
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta