GERAKAN LITERASI DI SMP N 19 PONTIANAK

Authors

  • Abdillah Abdillah Universitas PGRI Pontianak
  • Adetya Agustina Universitas PGRI Pontianak
  • Sepriani Purba Universitas PGRI Pontianak
  • Fitri Devi Adnadia Universitas PGRI Pontianak
  • Imam Wahyudi Universitas PGRI Pontianak
  • Aditya Yoga Frastianto Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMPN 19 Kota Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Informan penelitian meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru, dan Peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gerakan Literasi Sekolah belum dilakukan dengan rutin. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mendukung Gerakan Literasi 1) Menyediakan buku bacaan yang beragam 2) Membuat kegiatan 30 menit membaca kitab suci di hari selasa dan rabu sebelum pembelajaran dimulai 3) Mendengarkan lagu Indonesia Raya memasuki kelas 4)membuat laboratorium komputer (warnet sekolah). Sedangkan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) 1) kurangnya poster informasi pada sudut-sudut sekoalah 2) kurangnya pengawasan dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), implementasi program Gerakan Literasi Sekolah perlu adanya dukungan dari komponen sekolah seperti pengawas, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah.

Downloads

References

Abbas, K., & Bin Hassan, Z. (2014). Integrated Learning Model Cultural-Art and Character Education. International Journal for Innovation Education and Research, 2(8), 2–8.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas Indah. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 16(1), 24–25. https://doi.org/10.30798/makuiibf.323102

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

In SAGE Publication.

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(1), 109874.

Irkhamiyati, I. (2017). Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stikes ’Aisyiyah Yogyakarta Dalam Membangun Perpustakaan Digital. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 37. https://doi.org/10.22146/bip.26086

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf%5C

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.

Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 227–233. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279

Sunarso, D. K. (2016). Pengaruh Minat Baca, Waktu Belajar, Sarana Prasarana Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pkn. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12572

Suryawati, E., Suzanti, F., Suwondo, S., & Yustina, Y. (2018). The implementation of school- literacy-movement: Integrating scientific literacy, characters, and HOTS in science learning. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6876

Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran Cetakan ke 6.

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361

Vanbela, V. T., Fuad, N., & Marini, A. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Rorotan 05 Kota Jakarta Utara. 2(2), 1–13.

Downloads

Published

2025-04-30

Most read articles by the same author(s)