UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMATIK PADA SISWA MAN 2 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1496Keywords:
ular tangga tematik, hasil belajar,Abstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang penggunaan alat peraga ular tangga tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Geografi di kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru Geografi dan siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 38 siswa. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes, angket dan dokumentasi. Analisisi data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penggunaan alat peraga ular tangga tematik dalam pembelajaran geografi siklus I dan siklus II diperoleh bahwa Penggunaan alat peraga ular tangga tematik yang dilakukan dosen baik sekali, 2) Hasil belajar siswa Pra Siklus dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,7%, siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 42,1%, siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil belajar terjadin peningkatan yang signifikan sehingga membawa dampak positif terhadap hasil belajar siswa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Additional Files
Published
2020-06-23
How to Cite
Rina, R. and Anggela, R. (2020) “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMATIK PADA SISWA MAN 2 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), pp. 1–11. doi: 10.31571/sosial.v7i1.1496.
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.