Implementasi Pembelajaran Sejarah Lingkungan Pada Kurikulum Merdeka Di Kabupaten Kapuas Hulu
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8485Abstract
Semitau pada tahun 1936 merupakan bagian dari Afdeling Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelusuri sejarah Semitau yang awalnya merupakan hutan hingga akhirnya menjadi onder afdeling di bawah kawasan Afdeling Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis yang terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Semitau sebelum kedatangan Abang Umar Juned merupakan hutan. Semitau semakin ramai setelah Belanda dari Pulau Majang memindahkan kantor, barak (asrama) dan gudang serta menempatkan perwakilan Gouvernement yaitu Controleur di Semitau hingga tahun 1936 menjadikannya sebagai under afdeling.
Downloads
References
Agustian, Teguh, Basuki Wibowo, Eka Jaya Putra Utama. 2021. Penguatan Pemahaman Teknik Penelitian Sejarah Menggunakan Media Film Pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial. 8 (1) 66-72.
Ahmad, Tsabit Azinar. (2013). Pembelajaran Sejarah Berwawasan Lingkungan. Indonesian Journal of Conservation, 2(1), 74-83.
Enthoven, J.J.K. 2013. Sejarah dan geografi Daerah Sungai Kapuas Kalimantan Barat. Pontianak: Institut Dayakologi.
Hasan, S. Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita, 22(1), 81-95.
Ismaya, Erik Aditia., & Santoso. (2019). Tradisi Dandangan Sebagai Kajian Pembelajaran Dalam Mendukung Pencapaian Visi Universitas Kebudayaan (Studi Pada Mata Kuliah Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial). REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 128-137.
Jensen, Erik. 1974. The Iban and Their Reli¬gion. Oxford: The Clarendon Press.
Maryani, Enok., & Ahmad Yani. (2014). Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Dalam Memitigasi Bencana Dan Aplikasinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Nilai. Jurnal Penelitian Pendidikan 1 (2), 114-125.
Nawiyanto. 2015. Sejarah Lingkungan.Yogyakarta: Kurnia Kalam semesta.
Oktavianti, Ika., & Ratnasari, Yuni. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 149-154.
Padoch, Christine. 1982. Migration and its Alternatives Among the Iban of Sarawak. The Hague: Martinus Nijhoff.
Sjamsuddin, Helius. 2013. Perlawanan dan Perubahan di Kalimantan Barat: Kerajaan Sintang 1822-1942. Yogyakarta: Ombak.
Syaifulloh, Muhammad & Wibowo, Basuki. (2017). Nilai-Nilai Edukatif Syair Gulung Sebagai Upaya Pendidikan Kebencanaan Berbasis Komunitas Pada Masyarakat Melayu Di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 48-53.
Vebri P, Okta., Dibah, Farah., & Yani, Ahmad. (2017). Asosiasi Dan Pola Distribusi Tengkawang (Shorea SPP) Pada Hutan Tembawang Desa Nanga Yen Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Hutan Lestari, 5(3), 704 – 713.
Wibowo, Basuki. 2021. Monograf Hutan Tembawang: Jejak Perkampungan Dayak: Kajian Sejarah lisan Masyarakat Dayak di Kalimantan Barat. Lakeisha: Klaten.
Wibowo, Basuki; Muhammad Syaifulloh. 2022. Sejarah Hutan Sebagai Pendidikan Mitigasi Bencana. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2 (2) 234-240.
Wibowo, B. dan Dediansyah, A. 2023. Konsep Pengembangan Wisata Kota Juang di Kabupaten Ketapang. Jurnal Borneo Akcaya. 9 (2) 223-232.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 agus dediansyah, Basuki Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Teguh Agustian, Basuki Wibowo, Eka Jaya Putra Utama, PENGUATAN PEMAHAMAN TEKNIK PENELITIAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA MATA KULIAH PENGANTAR ILMU SEJARAH , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 8 No. 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Sahid Hidayat, Agus Dediansyah, PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 6 No. 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Agus Dediansyah, Sahid Hidayat, HUBUNGAN ANTARA SIKAP NASIONALISME DENGAN KESADARAN SEJARAH MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK) , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 8 No. 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Sahid Hidayat, Agus Dediansyah, Hubungan Motivasi dengan Hasil Pembelajaran Sejarah pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Pontianak , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Sahid Hidayat, Yulita Dewi Purmintasari, Superman Superman, Agus Dediansyah, SEBARAN ALUMNI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 4 No. 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Agus Dediansyah, HUBUNGAN PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMANGKAT , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 3 No. 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial