PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1553Keywords:
cooperative learning, kreativitas belajar mahasiswa, IKIP PGRI Pontianak,Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model cooperative learning terhadap kreativitas belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah di Institut Keguruan dan Iilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dan uji–t One sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan model cooperative learning. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai Sig. (2-tailed) lebih rendah dari nilai signifikasi (0,000 < 0,05) dan nilai signifikansi sebesar 0,05, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan. 1996. Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Buku 1 dan 2. Bandung: Jurusan Sejarah FPIPS IKIP Bandung.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Isjoni. 2007. Cooperative learning. Bandung: Alfabeta.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Salahudin, Anas. dan Alkrienciehie, I. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.
Satiadarma, Monty, P. & Waruwu, Fidelis, E. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer Obor.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zainuddin. 2008. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.