Problematika Pengembangan SDM Pendidikan Islam Multikultural Di Era Modernisasi
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8558Abstract
Memasuki era modernisasi, dunia pendidikan di Indonesia timbul problema-problema yang kompleks, khususnya pendidikan agama Islam multikultural. Berbagai problem pendidikan agama Islam multikultural muncul dan berkembang seperti problem kurikulum, budaya, tidak meratanya kesempatan pendidikan, mahalnya biaya pendidikan hingga kemampuan sumber daya manusianya. Dari sisi sumber daya manusia teridentifikasi antara lain rendahnya kualitas guru, permasalahan gaji guru, kurangnya penghargaan dan penerimaan masyarakat terhadap profesi guru khususnya guru pendidikan agama Islam dan masyarakat menganggap remeh instansi pendidikan agama Islam dibandingkan dengan pendidikan umum, serta tingkat kesejahteraan guru yang relatif masih rendah. Artikel ini berusaha mengidentifikasi dan memahami problema-problema pendidikan agama Islam multikultural di tengah modernisasi. Perlu pula dikemukakan bahwa problema pendidikan yang diuraikan dalam jurnal ini terbatas pada permasalahan pengembangan sumber daya manusianya
Downloads
References
Abdul Wahid. 2008. Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam. Semarang : Need’s Press
Ahmad Fauzi, “Model Manajemen Pendidikan Islam ; Telaah Atas Pemikiran Dan Tindakan Sosial”, At-Ta’lim INZAH Genggong Probolinggo, 4. Pendidikan Islam, 2017, 1– 16.
Bukhari Umar. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Sinar Grafika Offset.
Ersis Warmansyah Abbas, J. (2022). Penguatan Sikap Nasionalistik Melalui Wisata Edukasi Di Bantaran Sungai. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 7(3), Article 3. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/748
Hasan Baharun and Robiatul Awwaliyah, ‘Pendidikan Multikultural Dalam Menanggulangi Narasi Islamisme Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vol.5, No.2, (2017), 224–43
Hasan Baharun, “Pemikiran Pendidikan Perspektif Filsuf Muslim (Kajian Kritis Terhadap Pemikiran Muhammad Abduh Dan Muhammad Iqbal)”, At-Turas,Vol. 3, No.1, (2016), 57.
Ma’arif, Ahmad Syafii. 2009. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan. Bandung: Mizan.
Maimunah, M., Winarso, H. P., & Jumriani, J. (2021). Patterns of Guidance in Panti Sosial Bina Wanita Melati as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3775
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam : Mengurai Benang Kusut DuniaPendidikan, (Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada, 2006).
Muhammad In’am Esha, Institusional Transpormation, Reformasi Dan Modernisasi Pendidikan Tinggi Islam (Malang: UIN Malang Press).
Mujahid Damopoli, “Problematika Pendidikan Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya”, TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 3 Nomor 1 (Februari 2015), 77
Nuryatin, S., Abbas, E. W., Jumriani, J., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2022). Description of The Function of Ceria Tourism Awareness Group (Pokdarwis) in The Culinary Tourism Area of Banua Anyar. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(2), 152–160. https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.4948
Putro, H. P. N., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Abbas, E. W., Jumriani, J., & Ilhami, M. R. (2022). Social Capital of Micro, Small and Medium Enterprises in Kampung Purun for Improving Entrepreneurship Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1909.
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta : Gigraf Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 adhitya Prihadi, Suherdiyanto Suherdiyanto, Mustiah Mustiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Suherdiyanto Suherdiyanto, PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DILUAR KELAS (OUT DOOR STUDY) DALAM MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA PADA SISWA MTS AL-IKHLAS KUALA MANDOR B , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 1 No. 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina, HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN GEOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 6 No. 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Suherdiyanto Suherdiyanto, Adhitya Prihadi, Fheerdhy Alkadita, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS E-BOOK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Ihsan Nurhakim, Suherdiyanto Suherdiyanto, PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 4 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 7 No. 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL
- Suherdiyanto Suherdiyanto, Adhitya Prihadi, KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina, PENINGKATAN CREATIVE INTELEGENCY (KECERDASAN KREATIF) SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 7 No. 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina, Penerapan Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Penulisan Desain Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Endah Evy Nurekawati, Wiwik Cahyaningrum, PENERAPAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MATA KULIAH SEMINAR KULIAH GEOGRAFI , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 4 No. 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Adhitya Prihadi, Ryan Permana, Matsun Matsun, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING MATERI IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Suherdiyanto Suherdiyanto, Yuri Mitra Seli, SUMBANGAN PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN DENGAN MENGGUNAKAN PUKAT GILL NET , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 4 No. 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial