KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3100Abstract
Media merupakan alat yang dapat digunakan dalam proses mempermudah dalam melakukan sesuatu, tak terlepas dari dunia pendidikan. Media sangat membantu dalam penjelasan suatu materi agar lebih mudah dipahami, lebih ringkas dan lebih menarik. Penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dipilih karena keberadaan smartphone di perguruan tinggi tersedia dan dibutuhkan, sehingga menarik untuk teliti. Tujuan Penelitian Penyanyi Adalah 1) Untuk mengetahui Tingkat Kelayakan Ahli materi media yang PADA PEMBELAJARAN mobile learning Berbasis android, 2) Untuk mengetahui Kelayakan Ahli Media PADA Media Pembelajaran mobile learningberbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian: 1) Secara keseluruhan, rata-rata menunjukkan aspek materi oleh para ahli materi yang diperoleh nilai 81,25. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak, 2) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 86,67, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor 100% dengan kategori sangat layak.Downloads
References
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Belvedere, V., Grando, A., & Bielli, P. (2013). A quantitative investigation of the role of Information and Communication Technologies in the implementation of a product-service system. International Journal of Production Research, 51(2), 410–426. https://doi.org/10.1080/00207543.2011.648278
Hamdani, H., Yanto, D. T. P., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491
Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543
Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0†REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (pp. 22–27).
Prihadi, A., Sarwono, & Santoso, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Simulasi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Pada Materi Tata Surya Dikelas X Sman 10 Pontianak Tahun Ajaran 2016 / 2017. Jurnal GeoEco, 3(2), 126–132.
Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 97–110.
Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2018). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726
Rifai, M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69.
Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Tian, X., & Martin, B. (2011). Impacting Forces on eBook Business Models Development. Pub Res Q (Springer), 27, 230–246. https://doi.org/10.1007/s12109-011-9229-0
Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.