PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 TAYAN HILIR
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.920Keywords:
STM, Eksperimen, Demonstrasi, Kemandirian BelajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar  Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Opika Geometri Kelas X di SMA Negeri 1 Tayan Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian factorial design dan rancangan penelitian desain faktorial . Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada materi optika geometri yang diterapkan model sains teknologi masyarakat menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi adalah 75 dan 71. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata kemandirian belajar kelas metode eksperimen 67 sedangkan kelas metode demonstrasi 68. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji friedman anova dua jalan untuk kemandirian belajar siswa diperoleh P-value 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan hasil perhitungan uji friedmananova dua jalan untuk model pembelajaran menggunakan metode adalah terdapat pengaruh dengan P-value 0,000 < 0,05 sehinggan Ha diterima.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Young & Freedman. (2003). Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.
Darmawan, H. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Media ENV LEARN dan Animasi Flash Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta: tidak diterbitkan.
Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat, Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.