PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 1 MEMPAWAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1440Keywords:
Karakter Kemandirian Belajar, Ekstrakulikuler Pramuka.Abstract
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai penanaman karakter kemandirian belajar siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 mempawah Hilir. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, teknik komunikasi langsung, studi dokumenter, gabungan/triangulasi, dan, serta studi kepustakaan. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini panduan observasi, panduan wawancara, dokumen-dokumen, data triangulasi, dan sumber-sumber penelitian terdahulu. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, disply data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk karakter kemandirian belajar siswa meliputi disiplin, percaya diri, tanggung jawab, berjiwa kepemimpinan dan toleransi antar sesama; (2) Adapun faktor yang mempengaruhi karakter kemandirian belajar siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka meliputi kegiatan baris berbaris, upacara, permainan, perkemahan dan perjalanan lintas alam atau pengembaraan; (3) Upaya yang dilakukan Pembina kesiswaan dalam penanaman karakter kemandirian belajar melalui Ekstrakulikuler Pramuka meliputi: (1) penerapan sistem among; (2) mengelola satuan pramuka; (3) menciptakan kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan mengandung nilai-nilai pendidikan; (4) memahami siswa dan kebutuhannya.Downloads
References
Debi Rahmadi (2017). Penanaman Karakter Sopan Santun Oleh Guru Pkn di SMA Negeri 1 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 1, No.2.
Haryono, Anung. “Belajar Mandiri: konsep dan penerapannya dalam sistem pendidikan dan pelatihan Terbuka jarak jauhâ€. Dalam http://blog.uin-malang.ac.id.
Martinis Yamin. 2011. Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung persada press.
Rianto, H. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan Berbasis Karakter Bagi Pengembangan Kemandirian Peserta Didik Di SMA. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 14(1).
Rohani, Susan (2017). Penanaman Karakter Peduli Sosial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 1, No.2.
Tim Penyusun Kamus pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa indonesia, (Jakarta: Dept Pend dan Kebudayaan RI, 2002), hal.584
Toni Nasution (2018). Membangun Kemamdirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan IPS. Vol 2, No. 1.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Permendiknas nomor 19 tahun 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winda Wahyu Astuti, Hamid Darmadi, Syarif Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.