PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.2810Keywords:
Paired Story Telling, hasil belajar, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Paired Story Telling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dan bentuk penelitian penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru untuk menerapkan Model Pembelajaran Paired Story Telling yaitu menetapkan kompetensi dasar yang akan dicapai, menyiapkan masalah sebagai topik diskusi sesuai kompetensi dasar yang di pelajari, menyiapkan sumber belajar yang akan digunakan peserta didik, menyiapkan materi, membuat RPP, menyesuaikan silabus, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan kisi-kisi soal. Pelaksanaan model pembelajaran Paired Story Telling yaitu guru membagi bahan/topik pelajaran menjadi dua bagian yaitu guru memberikan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, dan guru membagikan bagian cerita yang belum terbaca kepada masing-masing siswa, dan kegiatan ini bisa di akhiri dengan diskusi mengenai topik yang baru saja dibahas. Terdapat peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari Pra Tindakan dengan nilai rata-rata 66,20 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 34%, dilanjutkan dengan Siklus I dengan nilai rata-rata 67,97% dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 36%, dan siklus II dengan nilai rata-rata 77, 89 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86% yang terus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. Suhardjono. Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Arifin Zaenal (2009). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asmara Husna, (2003). Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Fahruna Bahagia
Cholisin (2013).IlmuKewarganegaraan (Civics).Yogjakarta; Ombak
Dahar W. Ratna (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Depdikbud
Dahlia, (2012).Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika.
Darmadi Hamid, (2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.Bandung: Alfabeta.
Darmadi Hamid, (2014) PengantarPendidikanKewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Dimyanti dan Mujiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta
Fathurrohman Muhammad (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013, Jogjakarta : Kalimedia
Hariyanto dan Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Haryono, (2007). Pendidikan Kewarganegaraan, Surakarta : LPP dan UPT
Hasibuan dan Mujiono.(2008). Proses Belajar Mengajar.Bandung.RemajaRosda Karya.
Huda Miftahul (2015). Cooperatif Learning, Yogyakarta : Pustaka Belajar
KementerianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia (2014).PendidikanPancasiladanKewarganegaraan.
K. Tri Rama (Terbaru) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (KLBI), Penerbit Mitra Pelajar Surabaya
Kunandar (2013) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Depok : RajaGrafindo Persada
Kusumah Wijaya. Dwitagama Dedi (2010). Mengenal Peneitian Tindakan Kelas, Jakarta : Indeks
IKIP-PGRI Pontianak (2016).PedomanOprasionalAkademik 2017-2018. Pontianak
M. Trianto. (2012). Model PembelajaranTerpadu, Jakarta :BumiAksara
Mustofa Bisri (2015). Psikologi Pendidikan, Jogjakarta : Parama Ilmu
Sudaryono (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Graha Ilmu
Sudjana Nana (2008). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah,Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Tindakan, Bandung : Alfabeta
Supratiknya, A. (2008). Tata Tulis Artikel Ilmiah, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma
Paizaluddin. Ermalinda (2016). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Alfabeta
Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Pustaka Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Sagala Syaiful (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Soyomukti Nurani (2015). Teori-teori Pendidikan, Jogjakarta : AR-RUZZ Media
Suprihatiningrum Jamil (2016). Strategi Pembelajaran, Jogjakarta : AR-RUZZ Media
Sutarto.Hasil belajar. Jakarta: Berdasarkan Kurikulum.
Suwarno Wiji (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta : AR-RUZZ Media
Tim pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung
Tirtarahardja Umar dan Sulo La. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Wijayani Ardi Novan (2013). Manajemen Kelas. Jogjakarta : AR-RUZZ
Zuldafrial. H.D. (2012) Evaluasi Pendidkan dan Penelitian Tindakan Kelas,: Pontianak Press: Stain
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulha Sulha, Sitti Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.