Strategi Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7947Keywords:
Strategi Guru, Nilai Multikultural, ToleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa kelas XI di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di sekolah yang berlokasi di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Subjek penelitian meliputi guru PPKn dan 20 siswa. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi sebagai data primer, serta buku dan jurnal sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi pembelajaran komunikatif dan aktif, seperti diskusi, refleksi, ceramah, pembiasaan, dan kuis, untuk menanamkan nilai seperti keterbukaan, kemanusiaan, toleransi, tolong-menolong, dan keadilan. Kendala yang dihadapi mencakup rendahnya perhatian orang tua, lingkungan kurang mendukung, serta fanatisme dan egoisme. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru dan siswa menjadi penting dalam memperkuat penerimaan terhadap keberagaman.
Downloads
References
Ajeng, R., & Wulandari, T. (2019). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Di Smp Joannes Bosco. Social Studies, 247–264. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/social-studies/article/view/15790
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Pemerintah. Madrasah, 6(2), 26. https://www.researchgate.net
Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Abdul Fattah Nasution, (2023). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Ilmiah, J., Dasar, P., Cetak, I., & Online, I. (2024). 3 1,2,3. 09(1).
Jannah, R. (2022). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Ditinjau dari Indikator Keterlaksanaan Beny Susetyo. IAI Tribakti Prosiding dan Seminar Nasional, 1(1), 509–516.
Muslim. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa Smp. Riksa Bahasa, 2(1), 55–66.
Ningsih, T. (2020). Pendidikan Multikultural Mengembangkan Karakter Berbasis Modal Sosial. In Pustaka Senja (Vol. 5, Nomor 3).
erlán, m. (2021). nilai multikultural dalam buku pendidikan agama islam di sekolah dasar (telaah buku pai kelas 4 dan 5 kurikulum 2013 penerbit kemdikbud) [universitas islam negeri raden intanlampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16490
Puspita, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Seminar Nasional Pendidikan Unversitas PGRI Palembang, 285–291.
S. Candra, I.W. Lasmawan, & I.N. Suastika. (2021). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kehidupan Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.241
Saripudin, Ernawati, D., & Sovania, E. (2023). 11480-35850-1-Pb. Multikultural di Era Modern: Wujud Komunikasi Lintas Budaya, 06(01), 2–3. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11480/4438
Setiawan, A. B., Maryati, T., & Wirawan, I. G. M. A. S. (2021). Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikulturalisme Pada Masyarakat Plural (Studi Pada Smp Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.34219
Tayyeb, T. (2017). Pendidikan Multikultural. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 81. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4391
Harahap, L. H. (2023). Penguatan Kecerdasan Sikap Multikultural (Sosiologis). Journal of Islamic Education El Madani, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.55438/jiee.v2i1.62.
Thohiri, M. K., & Faiqotunnisa, S. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(2), 120–136.
Wahidmurni. (2024). analisis strategi guru ppkn dalam menanamkan nilai-nilai multikultural pada siswa kelas xi sman 7 kerinci.. 2588–2593.
DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775
Wear, A. S. (2021). Pemilihan Strategi Pembelajaran. Politeknik Perikanan Negeri Tual. https://alisadikinwear.wordpress.com/2012/05/31/pemilihan-strategi-pembelajaran
Ningsih, S. (2018). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Peserta Didik Sma N 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Transcommunication, 53(1), 1–8. http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/background.html%0Ahttp://dx.doi .org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12. 055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.10 16/j.matlet.2019.04.024%0A. /
Pratiwi, I. A., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2018). Pendidikan Multikultural Berbantuan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 109–119. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p109-119 Puspita, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Journal Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang, 285–291
Kamal, M., & Junaidi, J. (2018). Pengembangan Materi Pai Berwawasan Multikultural Dalam Upaya Menanamkan Nilai Keragaman Bagi Siswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 181. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3798
Khoiruddin, A. (2018). Strategi Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di Smpn 1 Lawang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Deli Saputra, J. A. (2021). strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 3(2656–3258), 14
Gunawan, R. D. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural. Journal of Educational Research, 1(1), 23–40. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.8
Khoiruddin, A. (2018). Strategi Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di Smpn 1 Lawang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Muklis dkk,. (2020). Pendidikan multikultural dalam bingkai horizon keilmuan uin mataram. Mataram: Sanabil.
Mugianto, Ridhani, A., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 356. http://dx.doi.org/10.30872/ilmubudaya.v1i4.769.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cici Siahaan, Maryatun Kabatiah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.