Model Problem Based Learning dan Pengaruhnya Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

  • Vina Aprilia Universitas Negeri Medan
  • Maryatun Kabatiah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7990

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis , PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan, Research ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis research pre-eksperimental degan one group pretest-postest design. Adapun subjek yakni kelas X IPA 4 sejumlah 29 siswa ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Instrument menggunakan angket, pretest serta postest yang terdiri dari 15 soal pilihan berganda. Data dianalisis memakai uji paired sampel T-test dengan syarat uji Shapiro Wilk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji paired sample T-test diterima skor Sig. (2- tailed) sejumlah 0,001 < 0,05 maka bisa dirangkum adanya pengaruh model belajar PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn kelas X SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan dengan skor rata-rata pretest 58,86 dan rata-rata posttest 76,47. Didasarkan uji N-Gain score menerangkan bahwas skor rata-rata N-gain score yakni 0,43 dikategorikan “sedang” atau cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, F. (2019). Metode Sampling. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arikunto (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiastuti, D. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Djamaluddin, Ahdar., dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Egok, Asep Sukenda. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2), 185-198

Hardani. dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunkan Model Jucama di Seolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1), 92-104

Karyani, Sri. dkk. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik pada Materi Tata Surya Kelas VIIB SMP PGRI 9 Maos. Jurnal Profesi Pendidikan. 2 (2), 71-76.

Khakim Nur. dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues. 2 (2), 347-358.

Mulyadi, Mohamad. (2012). Riset Desain dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 16 (1), 71-80.

Nafiah, Yunin Nurun. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1), 125-143.

Nurdyansayah., dan Fahyuni Eni Fahriyatul. (2013). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pebriani, Elsa Putri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Publik. 8 (1), 47-55.

Puspitasari. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HIGH Order Thinking Skills pada Kelas V Materi IPA. Jurnal Pendidikan Ilmiah. 7(1), 46-50.

Rahmadi. (2011) Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Lantanida. 7(1), 1-12.

Rahmi, Putri. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V sd Negeri 139 Sirambas T.A 2021/2022. Universitas Negeri Medan.

Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Sleman: CV. Bumi Meswari.

Samsiah, Siti. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas Xi Ma Al-Raisiyah Sekarbela Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Muhamadiyah Mataram.

Seni Lestari. dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 1-12.

Setyaningrum, Windha. dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Curiosity, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, dan Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial. 529-537.

Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. Jakarta Timur: Uki Press.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susilo, AWP., dan Harmanto. (2024.) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMAS Kemala Bhayangkari 1. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8 (1), 2657-2668.

Tyas, Retnaning. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza. 2 (1), 43-52.

Ulfah, Risti Aulia. dkk. (2018). Pengaruh Model Pbm Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 6 (2), 126-139.

Wahyudi. (2021). Rambu-Rambu Menulis ILmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Medan: Universitas Negeri Medan..

Zakia, Linda., dan Lestari Ika. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Aprilia, V., & Kabatiah, M. (2025). Model Problem Based Learning dan Pengaruhnya Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran PPKn . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 202–210. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7990