Model Problem Based Learning dan Pengaruhnya Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7990Keywords:
Problem Based Learning, Berpikir Kritis , PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan, Research ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis research pre-eksperimental degan one group pretest-postest design. Adapun subjek yakni kelas X IPA 4 sejumlah 29 siswa ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Instrument menggunakan angket, pretest serta postest yang terdiri dari 15 soal pilihan berganda. Data dianalisis memakai uji paired sampel T-test dengan syarat uji Shapiro Wilk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji paired sample T-test diterima skor Sig. (2- tailed) sejumlah 0,001 < 0,05 maka bisa dirangkum adanya pengaruh model belajar PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn kelas X SMAS Dharma Patra Pangkalan Berandan dengan skor rata-rata pretest 58,86 dan rata-rata posttest 76,47. Didasarkan uji N-Gain score menerangkan bahwas skor rata-rata N-gain score yakni 0,43 dikategorikan “sedang” atau cukup efektif.
Downloads
References
Akhmad, F. (2019). Metode Sampling. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiastuti, D. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Djamaluddin, Ahdar., dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.
Egok, Asep Sukenda. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2), 185-198
Hardani. dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunkan Model Jucama di Seolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1), 92-104
Karyani, Sri. dkk. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik pada Materi Tata Surya Kelas VIIB SMP PGRI 9 Maos. Jurnal Profesi Pendidikan. 2 (2), 71-76.
Khakim Nur. dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues. 2 (2), 347-358.
Mulyadi, Mohamad. (2012). Riset Desain dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 16 (1), 71-80.
Nafiah, Yunin Nurun. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1), 125-143.
Nurdyansayah., dan Fahyuni Eni Fahriyatul. (2013). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pebriani, Elsa Putri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Publik. 8 (1), 47-55.
Puspitasari. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HIGH Order Thinking Skills pada Kelas V Materi IPA. Jurnal Pendidikan Ilmiah. 7(1), 46-50.
Rahmadi. (2011) Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Lantanida. 7(1), 1-12.
Rahmi, Putri. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V sd Negeri 139 Sirambas T.A 2021/2022. Universitas Negeri Medan.
Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Sleman: CV. Bumi Meswari.
Samsiah, Siti. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas Xi Ma Al-Raisiyah Sekarbela Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Muhamadiyah Mataram.
Seni Lestari. dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 1-12.
Setyaningrum, Windha. dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Curiosity, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, dan Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial. 529-537.
Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. Jakarta Timur: Uki Press.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susilo, AWP., dan Harmanto. (2024.) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMAS Kemala Bhayangkari 1. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8 (1), 2657-2668.
Tyas, Retnaning. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza. 2 (1), 43-52.
Ulfah, Risti Aulia. dkk. (2018). Pengaruh Model Pbm Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 6 (2), 126-139.
Wahyudi. (2021). Rambu-Rambu Menulis ILmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Medan: Universitas Negeri Medan..
Zakia, Linda., dan Lestari Ika. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vina Aprilia, Maryatun Kabatiah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.