Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kartun Berbasis Aplikasi TikTok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Yulianti Universitas Jambi
  • Alif Aditya Candra Universitas Jambi
  • Siti Tiara Maulia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8306

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi Kartun, Aplikasi TikTok, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi Bhinneka Tunggal Ika, dengan 89% siswa berada pada kategori tidak kritis dan nilai UAS rata-rata hanya 55. Kebaruan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berupa video animasi kartun berbasis aplikasi TikTok, yang belum banyak diterapkan dalam konteks pembelajaran formal. Media ini dikembangkan dengan model ADDIE dan diuji pada 36 siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi. Hasil validasi oleh ahli bahasa, materi, dan media menunjukkan kelayakan tinggi (skor 83,33%–87,5%), dan validasi praktisi memperoleh skor 92,5% (sangat praktis). Uji coba kelompok kecil dan besar juga menunjukkan hasil sangat layak. Terakhir, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat signifikan dengan skor 94%, menunjukkan bahwa media ini efektif digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Author Biographies

Alif Aditya Candra, Universitas Jambi

Dosen

Siti Tiara Maulia, Universitas Jambi

Dosen

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53.

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. KWANGSAN, 1, 1–15.

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hallatu, Y. A. (2017). (Retracted) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Bpd Iha Tentang Konflik. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 11. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p11-22

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya, 1–129.

Miftachul Taubah, & Muhammad Nur Hadi. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala : Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1), 134–145.

Santoso, G., Nurfazriah Putri, J., Jannah, M., Sekar Restu Prasaja, N., Alamsyah, S., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2023). Bhinneka Tunggal Ika Pondasi Semangat Gotong Royong Bangsa. 02(02), 2023.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Yulianti, Alif Aditya Candra, & Siti Tiara Maulia. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kartun Berbasis Aplikasi TikTok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 94–103. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8306