Kantin Kejujuran Sebagai Media Pendidikan Anti Korupsi Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7613Keywords:
Kantin Kejujuran, Karakter Jujur, Pendidikan Anti Korupsi.Abstract
Fenomena keuntungan kantin kejujuran Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi yang hanya merugi sekali (saat pandemi 2020) mendorong penelitian tentang pembentukan karakter jujur siswa kelas VII. Penelitian kualitatif ini, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, menganalisis data secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa kantin kejujuran efektif membentuk karakter jujur siswa. Meski ada pengawasan, praktik menghitung belanjaan dan melihat harga sendiri melatih kejujuran yang terinternalisasi. Hal ini didukung oleh pelajaran PPKn, Agama, dan BK yang menanamkan norma. Pembelajaran nilai moral (Civic Knowledge) di kelas dan pembiasaan (Civic Skill) di kantin kejujuran saling melengkapi. Semakin tinggi jenjang kelas, tindakan tidak jujur semakin berkurang, menunjukkan efektivitas pendekatan ini. Disarankan sekolah menerapkan konsep kantin kejujuran sepenuhnya tanpa pengawasan untuk optimalisasi pembentukan karakter.
Downloads
References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432
Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. DOI:Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V0i0.130
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. Httapis://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.939
Dahlan, U. A., Pascasarjana, P., Negeri, U., Antikorupsi, P., & Jujur, K. (2017). Implementasi Kantin Kejujuran Sebagai Garda Pendidikan Antikorupsi Untuk Pembentukan Karakter Jujur Warga Negara Muda. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, November, 103–108.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Dr. Patta Rapanna (Ed.)). CV. Syakir Media Press.
Fajrin, A. C., & Mariyati, L. I. (2023). Peran Kantin Kejujuran Untuk Menanamkan Pendidikan Anti Korupsi Pada Siswa : Studi Literature Review Pendahuluan. Jurnal Multidisiplin Adijaya, 1(4), 640–648.
Fitriazisy, J. (2022). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kantin Kejujuran Dismpn 1 Proppo Pamekasan. Pendidikan Kewarganegaraan, 22–37.
Guarango, P. M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kantin Kejujuran Di Pondok Pesantrenal-Ilahiyyah Payak I Rejoagung Ngoro Jombang. הארץ, 11(8.5.2017), 2003–2005.
Hartono, D. A. (2020). Indeks Perilaku Anti Korupsi 2020. Badan Pusat Statistik, 8–149. Httapis://Www.Bps.Go.Id/Publication/2020/08/31/E0720d00c6c0f130af1dca61/Indeks-Perilaku-Anti-Korupsi-2020.Html
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. Httapis://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i2.367
Kamaliah, N. (2022). Peran Kantin Kejujuran Sebagai Alat Pendidikan Akhlak di SMP Al Fauzan Nusantara Jakarta. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. Httapis://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/61986%0Ahttapis://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/61986/1/Skripsi Nur Kamaliah Watermark.Pdf
Khoiron, K. &. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. Httapi://Fip.Um.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2015/12/3_Metapien-Kualitatif.Pdf
Khotimah, R. P., Putro, D. S., Utomo, G. W., Hidayah, A. F., Astriyanti, N. E., Sari, Y. R., Alfanani, T. R., Muthmainnah, H. T., Mazliza, M., & Zakiah, Z. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi Pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 24–27. Httapis://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V2i1.11167
Maria, A. T., & Suyanto, T. (2016). Stataegi Sekolah Dalam Mengajarkan Nilai-Nilai Kejujuran Pada Siswa Melalui Kantin Kejujuran di SMK Pemuda Krian. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1121–1135.
Maria Montessori. (2011). Pendidikan Antikorupsi Sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. Pendidikan, 11(2), 10–14. Httapis://Doi.Org/10.16194/J.Cnki.31-1059/G4.2011.07.016
Martanti, F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Media Kantin Kejujuran Di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang. Sosio Dialetika-Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, 2(1), 43–56. Httapis://Publikasiilmiah.Unwahas.Ac.Id/Index.Php/SD/Article/View/1812/1860
Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Httapis://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1133305
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251–1267. Httapis://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1325
Salna, I., Akhiriyah, A. F., & Akhiriyah, S. (2023). Pendidikan Anti Korupsi Bagi Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(1), 13–22. Httapi://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Ami
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. Httapis://Doi.Org/10.29240/Jpd.V5i1.2627
Sudarmin, S., Muhajir, M., & Kadir, D. (2021). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 4(3), 259–262. Httapis://Doi.Org/10.55215/Jppguseda.V4i3.4860
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitiatif, & Penelitian Gabungan. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Tri Astuti, Irzal Anderson, Alif Aditya Candra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.
-
Abstract0
-
PDF0