Kantin Kejujuran Sebagai Media Pendidikan Anti Korupsi Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi

Authors

  • Ayu Tri Astuti Universitas Jambi
  • Irzal Anderson Universitas Jambi
  • Alif Aditya Candra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7613

Keywords:

Kantin Kejujuran, Karakter Jujur, Pendidikan Anti Korupsi.

Abstract

Fenomena keuntungan kantin kejujuran Sekolah Menengah Pertama Negeri  7 Kota Jambi yang hanya merugi sekali (saat pandemi 2020) mendorong penelitian tentang pembentukan karakter jujur siswa kelas VII. Penelitian kualitatif ini, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, menganalisis data secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa kantin kejujuran efektif membentuk karakter jujur siswa. Meski ada pengawasan, praktik menghitung belanjaan dan melihat harga sendiri melatih kejujuran yang terinternalisasi. Hal ini didukung oleh pelajaran PPKn, Agama, dan BK yang menanamkan norma. Pembelajaran nilai moral (Civic Knowledge) di kelas dan pembiasaan (Civic Skill) di kantin kejujuran saling melengkapi. Semakin tinggi jenjang kelas, tindakan tidak jujur semakin berkurang, menunjukkan efektivitas pendekatan ini. Disarankan sekolah menerapkan konsep kantin kejujuran sepenuhnya tanpa pengawasan untuk optimalisasi pembentukan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irzal Anderson, Universitas Jambi

Dosen Universitas Jambi

Alif Aditya Candra, Universitas Jambi

Dosen Universitas Jambi

References

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. DOI:Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V0i0.130

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. Httapis://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.939

Dahlan, U. A., Pascasarjana, P., Negeri, U., Antikorupsi, P., & Jujur, K. (2017). Implementasi Kantin Kejujuran Sebagai Garda Pendidikan Antikorupsi Untuk Pembentukan Karakter Jujur Warga Negara Muda. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, November, 103–108.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Dr. Patta Rapanna (Ed.)). CV. Syakir Media Press.

Fajrin, A. C., & Mariyati, L. I. (2023). Peran Kantin Kejujuran Untuk Menanamkan Pendidikan Anti Korupsi Pada Siswa : Studi Literature Review Pendahuluan. Jurnal Multidisiplin Adijaya, 1(4), 640–648.

Fitriazisy, J. (2022). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kantin Kejujuran Dismpn 1 Proppo Pamekasan. Pendidikan Kewarganegaraan, 22–37.

Guarango, P. M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kantin Kejujuran Di Pondok Pesantrenal-Ilahiyyah Payak I Rejoagung Ngoro Jombang. הארץ, 11(8.5.2017), 2003–2005.

Hartono, D. A. (2020). Indeks Perilaku Anti Korupsi 2020. Badan Pusat Statistik, 8–149. Httapis://Www.Bps.Go.Id/Publication/2020/08/31/E0720d00c6c0f130af1dca61/Indeks-Perilaku-Anti-Korupsi-2020.Html

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. Httapis://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i2.367

Kamaliah, N. (2022). Peran Kantin Kejujuran Sebagai Alat Pendidikan Akhlak di SMP Al Fauzan Nusantara Jakarta. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. Httapis://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/61986%0Ahttapis://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/61986/1/Skripsi Nur Kamaliah Watermark.Pdf

Khoiron, K. &. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. Httapi://Fip.Um.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2015/12/3_Metapien-Kualitatif.Pdf

Khotimah, R. P., Putro, D. S., Utomo, G. W., Hidayah, A. F., Astriyanti, N. E., Sari, Y. R., Alfanani, T. R., Muthmainnah, H. T., Mazliza, M., & Zakiah, Z. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi Pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 24–27. Httapis://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V2i1.11167

Maria, A. T., & Suyanto, T. (2016). Stataegi Sekolah Dalam Mengajarkan Nilai-Nilai Kejujuran Pada Siswa Melalui Kantin Kejujuran di SMK Pemuda Krian. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1121–1135.

Maria Montessori. (2011). Pendidikan Antikorupsi Sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. Pendidikan, 11(2), 10–14. Httapis://Doi.Org/10.16194/J.Cnki.31-1059/G4.2011.07.016

Martanti, F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Media Kantin Kejujuran Di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang. Sosio Dialetika-Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, 2(1), 43–56. Httapis://Publikasiilmiah.Unwahas.Ac.Id/Index.Php/SD/Article/View/1812/1860

Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Httapis://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1133305

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251–1267. Httapis://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1325

Salna, I., Akhiriyah, A. F., & Akhiriyah, S. (2023). Pendidikan Anti Korupsi Bagi Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(1), 13–22. Httapi://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Ami

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. Httapis://Doi.Org/10.29240/Jpd.V5i1.2627

Sudarmin, S., Muhajir, M., & Kadir, D. (2021). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 4(3), 259–262. Httapis://Doi.Org/10.55215/Jppguseda.V4i3.4860

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitiatif, & Penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Ayu Tri Astuti, Irzal Anderson, & Alif Aditya Candra. (2025). Kantin Kejujuran Sebagai Media Pendidikan Anti Korupsi Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7613
Metrics
Views/Downloads
  • Abstract
    0
  • PDF
    0

Most read articles by the same author(s)