MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BELAJAR PUISI BERBASIS KOOPERATIF SNOWBALL THROWING CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING SISWA KELAS VIII
Keywords:
Snowball Throwing, Culturally Responsive Teaching, PuisiAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Sungai Kakap melalui model pembelajaran Snowball Throwing berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: partisipasi aktif siswa naik dari 57% (pra-tindakan), 70,7%5 (siklus I), menjadi 92,69% (siklus II), sedangkan nilai rata-rata menulis puisi meningkat dari 64,66 (di bawah KKM) menjadi 76,17. Analisis aspek puisi mengungkap peningkatan tema budaya (9,16%), orisinalitas (9,56%), dan penggunaan unsur puisi (12,24%) serta keterkaitan puisi dan budaya (13,07%). Temuan membuktikan integrasi model kooperatif dan pendekatan budaya efektif dalam pembelajaran puisi.
Downloads
References
Aprilianingrum, L. F., Asri, S. A., & Dwiprabowo, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap keterampilan menulis puisi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 312–319. Retrieved from https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1321
Fadillah, S. (2021). Pendidikan Multikultural: Teori dan Implementasi. Kencana.
Mustika, D. (2016). Implementasi pembelajaran berbasis budaya untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran IPS (Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia Repository. https://repository.upi.edu/25052/
Putra, A. F. P. M., Ariyani, A., & Badaruddin, N. (2024). Improving English Language Learning Outcomes Through the Implementation of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach. PERRMANCE: Journal of English Education and Literature, 3(1), 140–147. https://ojs.unm.ac.id/performance/article/download/59604/26338
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Boston: Allyn & Bacon.