MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENYAJIKAN TANGGAPAN TERHADAP BUKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING
Keywords:
Think-Pair-Share, Culturally Responsive Teaching, Tanggapan terhadap BukuAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan kemampuan belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 10 Sungai Kakap dalam menyajikan tanggapan terhadap buku melalui model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: partisipasi aktif siswa naik dari 57% (pra-tindakan), 70,75% (siklus I), menjadi 92,69% (siklus II), sedangkan nilai rata-rata kemampuan menyajikan tanggapan terhadap buku meningkat dari 64,66 (di bawah KKM) menjadi 76,17. Analisis aspek tanggapan mengungkap peningkatan ketepatan isi (9,16%), orisinalitas pemikiran (9,56%), penggunaan struktur tanggapan (12,24%), serta keterkaitan tanggapan dengan konteks budaya siswa (13,07%). Temuan membuktikan bahwa integrasi model kooperatif dan pendekatan budaya efektif dalam meningkatkan pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap buku.
Downloads
References
Gay, G. (2010). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (2nd ed.). Teachers College Press.
Ministry of Health. (2014). Ebola: Information for the public. Retrieved from http://www.health.govt.nz/your-health/conditions-and-treatmens/diseases-and-illnesses/ebolainformation-public
Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. In R. E. Mayer & P. A. Alexander (Eds.), Handbook of research on learning and instruction (pp. 344-360). Routledge.
Wiliams, J., & Seary, K. (2010). Bridging the divide: Scaffolding the learning experiences of mature age student. In J. Terrell (Ed.), Making the links: Learning, teaching and high quality student outcomes. Proceedings of the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educator (pp. 104-116). Wellington, New Zealand.