Mitos dan Folklor Suku Dayak dan Melayu di Kecamatan Beduai Kabupaten Sanggau (Kajian Historiografi Tradisional)
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8467Abstract
Abstrak
Kajian Historiografi Tradisional (Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau) Mitos dan Cerita Rakyat Suku Dayak dan Melayu menjadi latar belakang penelitian ini. Mitologi merupakan kumpulan elemen budaya yang terkait erat dengan mitos populer di masyarakat luas. Dalam kebudayaan, mitos sangatlah penting. Akan lebih mudah untuk membedakan antara perbuatan yang dilakukan oleh nenek moyang di masa lalu dan mempunyai dampak yang tidak diinginkan, yang mungkin bermanfaat, merugikan, atau merupakan indikasi kejahatan. Ada keterikatan budaya yang mendalam di kalangan suku Dayak dan Melayu terhadap mitologi. Bagi suku Dayak, mempercayai mitos akan dianjurkan karena kajian sejarah menunjukkan bahwa mitologi dan mitos mempunyai kaitan yang erat. nasihat yang ampuh tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan terkait dengan suatu kebiasaan atau barang. Karena mitos sudah tertanam dalam budaya manusia dan bertahan selama berabad-abad, mitos akan selalu ada. Literatur yang dihasilkan oleh para ahli historiografi tradisional akan lebih berfokus pada tradisi dan akan mengkaji bagaimana mitos dan cerita rakyat dapat berkembang biak di kalangan kelompok Dayak dan Melayu, sehingga memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang evolusi cerita-cerita tersebut.
Kata Kunci: Historiografi Tradisional, Mitos, Folklor
Downloads
References
Abdullah. Budaya Melayu di Kalimantan Barat. Jakarta: Balai Pustaka.
Agustina, DWI. (2021). Analisis hubungan kesehatan lingkungan terhadap kasus stunting di kecamatan pasar kliwon kota surakarta tahun 2019
Endraswara, Suwardi. 2013. Foklor Nusantara, Hakikat, Bentuk, Dan Fungsi. Yogyakarta: Ombak
Rikza Fauzan. 2020. Penulisan Sejarah Lokal Indonesia (Wacana Magis-Religio Hingga Pendekatan Multidimensional). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP: Vol. 3, No.1, 2020
Prina Yelly. 2019. Analisis Makhluk Superior (Naga) Dalam Legenda Danau Kembar (Kajian Semiotika Roland Barthes; Dua Pertandaan Jadi Mitos). Jurnal Serunai Bahasa Indonesia. Vol 16, No. 2, Oktober 2019
Sutopo H.B, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Endraswara, Suwardi. 2013. Foklor Nusantara, Hakikat, Bentuk, dan Fungsi. Yogyakarta: Ombak.
Rina Septiana. 2019. Makna Denotasi, Konotasi Dan Mitos Dalam Film Who Am I Kein System Ist Sicher (Suatu Analisis Semiotik). Jurnal Sastra jerman. Universitas Sam Ratulangi. Fakultas Ilmu Budaya Manado.
Sri Iswidayat. 2012. Fungsi Mitos Dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Pendukungnya (The Function of Myth in Social Cultural Life of Its Supporting Community). Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni: Volume VIII No.2. Mei-Agustus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 teguh agustian, Bohari Bohari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Nunik Esti Utami, Ihsan Nurhakim, Teguh Agustian, DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN REMAJA , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Teguh Agustian, Basuki Wibowo, Eka Jaya Putra Utama, PENGUATAN PEMAHAMAN TEKNIK PENELITIAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA MATA KULIAH PENGANTAR ILMU SEJARAH , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 8 No. 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Bohari Bohari, Putri Relia Anggraini, UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAMBAS , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 6 No. 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- teguh agustian, MITOLOGI DAN MITOS SUKU DAYAK GOLIK GOA THANG RAYA DI DESA PEMODIS KECAMATAN BEDUAI KABUPATEN SANGGAU (KAJIAN HISTORIOGRAFI TRADISIONAL , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 10 No. 3 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Bohari Bohari, Yeni Novianti, SEJARAH PARIWISATA TEMAJUK KECAMATAN PALOH KABUPATEN SAMBAS 1982-2015 , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 8 No. 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Bohari Bohari, Wajnah Wajnah, Analisis Pembelajaran Sejarah Dengan Pemanfaatan Media Gambar di SMA Negeri 2 Kendawangan Kabupaten Ketapang , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Bohari Bohari, UPAYA GURU PENDIDIKAN SEJARAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 2 No. 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Riki Maulana, Teguh Agustian, Hartono Hartono, FILOSOFIS ALAT-ALAT TRADISIONAL DAYAK TABUN SEBAGAI KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Riki Maulana, Teguh Agustian, Hartono Hartono, Filosofis Alat-Alat Tradisional Dayak Tabun Sebagai Konteks Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial