Pengembangan Alat Peraga Viskometer Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno pada Materi Fluida Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Mandor B
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.5345Keywords:
Kata kunci, Viskometer, Arduino Uno, FluidaAbstract
Pengembangan alat peraga viskometer berbasis mikrokontroler arduino uno sebagai media pembelajaran pada materi fluida bertujuan untuk mengetahui kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan untuk mengetahui kelayakan respon siswa terhadap penggunanya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan atau produksi, implementasi atau pengiriman, dan evaluasi. Peneliti ini menguji kelayakan alat peraga dan keselarasan konsep materi fluida oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Selain itu, penelitian ini juga melihat respon siswa dari 19 siswa SMA Negeri 1 Kuala Mandor B terhadap penggunaan media yang dikembangkan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli validator materi dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskometer berbasis mikrokontroler Arduino Uno sebagai media pembelajaran pada materi fluida memperoleh skor rata-rata 96% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian dilakukan oleh ahli media dengan rata-rata perolehan skor 93% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap penggunaan media diperoleh rata-rata skor belajar 86% dengan kategori sangat setuju.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya OFFSET.
Matsun., Dochi R., & Isnania L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet berbasis android di program studi pendidikan fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703/18608.
Pambudi & Bayu. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Jurnal of PEducation, 2018, 2.2: 28-33. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097
Bahtiar, Y.A., Ariyanto, D., Taufik, M., & Handayani, T. (2019). Pemisah Organik dengan Sensor Induktif dan Kapasitif Sensor Inframerah Terintegrasi. Jurnal EECCIS (Listrik, Elektronik, Komunikasi, Kontrol, Informatika, Sistem), 13(3), 109-113.
Jonimar, J. (2020). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk meningkatkan kemampuan guru dan hasil belajar siswa sekolah dasar. ISE: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia, 1(2), 69-84.
Ramadhan, D., Serevina, V., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan alat praktikum viskometer metode bola jatuh bebas berbasis sensor efek hall UGN3503 sebagai media pembelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).
Rahmani, Y., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2022). Pengembangan alat peraga eksperimen fisika dasar 1 pada materi viskositas fluida. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 128-137.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Published
Versions
- 2023-11-30 (2)
- 2024-07-08 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.