Pengaruh Pembelajaran Team Based Project Terhadap Civic Participation Siswa di SMP N 29 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8036Keywords:
Team Based Project, Civic ParticipationAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pembelajaran team based project untuk membangun keterampilan partisipasi peserta didik (civic participation). Adapun yang melatarbelakangi penelitian adalah dikarenakan kurangnya keterampilan partisipasi dan kemampuan bekerjasama serta tanggungjawab antara peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga peneliti tertarik untuk mengkajinya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pembelajaran team based project karena melalui pembelajaran ini peserta didik diarahkan untuk memecahkan suatu permasalahan di sekitar lingkungan sosialnya dengan tetap dibimbing oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yakni untuk menguji hubungan sebab akibat antara pembelajaran team based project sebagai variable X terhadap civic participation sebagai variable Y. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner. Penelitian ini dilakukan di SMP N 29 Medan Bandar Khalipah Kabupaten Deli Serdang. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP N 29 Medan. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 7 SMP N 29 Medan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata untuk tingkat keterampilan berpartispasi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah sebesar 72,04 sedangkan nilai rata-rata untuk tingkat keterampilan berpartisipasi yang menggunakan pembelajaran team based project adalah sebesar 80,22.
Downloads
References
Ali, M.Makhrus, Tri Hariyati, Meli Yudestia Pratiwi, and Siti Afifah. 2022. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian.” Education Journal 2(2): 1–6.
Almomani, Laith M. et al. 2023. “Self-Directed Learning Skills and Motivation during Distance Learning in the COVID-19 Pandemic (Case Study: The University of Jordan).” Heliyon 9(9): e20018.
Benazir, Cahya Abadi, and Setya Chendra Wibawa. 2017. “Penerapan Self Directed Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Teknik Komputer Jaringan.” It-Edu 2(01): 162–70.
Bodur, Gonul, Zehra Turhan, Aycan Kucukkaya, and Polat Goktas. 2024. “Nurse Education in Practice Assessing the Virtual Reality Perspectives and Self-Directed Learning Skills of Nursing Students : A Machine Learning-Enhanced Approach.” Nurse Education in Practice 75(December 2023): 103881.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2): 333.
Park, Jeong Min et al. 2023. “Association between COVID-19-Related Stress and Self-Directed Learning Ability among Korean Nursing Students.” Nurse Education in Practice 69(January): 103613.
Putri, Siti, and Ardiyanti Pasaribu. 2023. “Penerapan Model Attention Relevance Confidence Satisfaction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 104252 Sei Tuan T . A 2022 / 2023.” 1(3): 471–90.
Rejeki, Sri, and Asmi Sutamiati Pagasan. 2019. “Civic Paticipation Siswa Dan Permasalahannya.” CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 7(2): 10.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ed. Dr.Ir.Sutopo. Bandung: Alfabeta.
Turrini, Tabea et al. 2018. “The Threefold Potential of Environmental Citizen Science - Generating Knowledge, Creating Learning Opportunities and Enabling Civic Participation.” Biological Conservation 225(December 2017): 176–86.
Wiraman, Dea Aprilia, Ujang Jamaludin, and Juwandi. 2022. “Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Sebagai Bentuk Keterlibatan Aktif Warga Negara.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1): 483–93.
Yustitia, Via, and Dian Kusmaharti. 2020. “Pengaruh Team Based Project Learning Terhadap Nume-Rasi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 6(1): 39–47.
Zhang, Wen et al. 2021. “Increased Frequency of Participation in Civic Associations and Reduced Depressive Symptoms: Prospective Study of Older Japanese Survivors of the Great Eastern Japan Earthquake.” Social Science and Medicine 276(January): 113827.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tania Situmeang, Surya Dharma (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.