Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PPKn di SMP Methodist 9 Medan

Authors

  • Helen Meliana R Hutajulu Universitas Negeri Medan
  • Deny Setiawan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8178

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. (2) efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat dari indikator pencapaian kompetensi hasil belajar (kognitif) yaitu: C1 kemampuan mengingat pada kelas eksperimen 73% kelas kontrol 59%, C2 kemampuan memahami kelas eksperimen 78% kelas kontrol 66%, C3 kemampuan menerapkan kelas eskperimen 80% kelas kontrol 63% dan C4 kemampuan menganalisis kelas eksperimen 76% kelas kontrol 66%. dengan total hasil belajar kelas eksperimen 76% sedangkan kelas kontrol sebesar 64%. Maka dari itu model pembelajaran Problem Based Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Methodist 9 Medan.

Downloads

Author Biography

Deny Setiawan, Universitas Negeri Medan

Dosen Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Meliana R Hutajulu, H., & Setiawan, D. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PPKn di SMP Methodist 9 Medan . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 61–72. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8178