Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PPKn di SMP Methodist 9 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8178Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. (2) efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat dari indikator pencapaian kompetensi hasil belajar (kognitif) yaitu: C1 kemampuan mengingat pada kelas eksperimen 73% kelas kontrol 59%, C2 kemampuan memahami kelas eksperimen 78% kelas kontrol 66%, C3 kemampuan menerapkan kelas eskperimen 80% kelas kontrol 63% dan C4 kemampuan menganalisis kelas eksperimen 76% kelas kontrol 66%. dengan total hasil belajar kelas eksperimen 76% sedangkan kelas kontrol sebesar 64%. Maka dari itu model pembelajaran Problem Based Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Methodist 9 Medan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 helen hutajulu, Deny Setiawan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.