Perspektif Baru Moderasi Beragama Dalam Dinamika Kehidupan Kota Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.9025Keywords:
Perspektif, Moderasi Beragama, Kota PontianakAbstract
Moderasi beragama merupakan pendekatan yang menekankan toleransi, saling menghormati, dan dialog antar pemeluk agama untuk menciptakan harmonis sosial. Artikel ini mengeksplorasi penerapan moderasi beragama dalam konteks sosial dan budaya Kota Pontianak, dengan fokus pada peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam memfasilitasi dialog antar agama di tengah keragaman etnis dan agama yang ada. Kajian pustaka ini menunjukkan bahwa beragama memiliki peranesensial dalam menjaga hubungan antar komunitas, menyelesaikan konflik berbasis agama,dan membangun lingkungan damai. Melalui pendidikan berbasis nilai-nilai toleransi, dialog lintas agama, serta dukungan pemerintah dan Lembaga keagamaan, moderasi beragama terbukti menjadi strategi efektif yang difasilitasi oleh FKUB untuk mengatasi tantangan keragaman. Pendidikan dan peran serta FKUB dalam program-program dialog antar agama, seperti festival budaya yang melibatkan berbagai komunitas agama, telah Memperkuat interaksilintas agama dan meminimalisir ketegangan sosial.
Downloads
References
Ahmad,B., & Sari,C.(2021). Pengaruh Moderasi Beragama Terhadap Konflik Sosial di Indonesia. Jurnal Kajian Sosial, 10(3), 100-115.
Ahmad, R., & Sari, D. (2021). Moderasi Beragama: Solusi untuk Mengatasi Konflik di Masyarakat. Jurnal Studi Agama, 15(2), 99-110.
Ahmad, S., &Sari, N. (2021). Moderasi Beragama: Strategi Membangun Kerukunan dalam Keberagaman. Jakarta: Pustaka Multikultural.
Aisyah, S. (2020). Moderasi Beragama di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 120-130.
Azra, Azyumardi. (2020). Wasathiyah Islam: Moderasi Beragama dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama RI
Badan Pusat Statistik (BPS).(2022). Statistik Penduduk. Jakarta:BPS.
Badan Pusat Statistik.(2022).Statistik Keagamaan dan Kerukunan Sosial di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
BPS. (2022).Statistik Penduduk Kota Pontianak. Badan Pusat Statistik.
Effendy, Bahtiar. (2011). Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina
Esposito, John L. (2011). What Everyone Needs to Know About Islam. Oxford University Press
Fauzi,A.(2018). Islam dan Multikulturalisme: Perspektif Pendidikan.Jakarta: Gramedia.
Geertz, Clifford. (1973). The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI
Madjid, Nurcholish. (1992). Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina
Mulyadi,A. (2022). Peran Moderasi Beragama dalam Membangun Toleransi Sosial. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 75-85.
Mulyadi,M. (2022). Moderasi Beragama dalam Perspektif Multikulturalisme. Bandung:Alfabeta.
Mulyadi,R.(2022). Moderasi Beragama Jembatan untuk Kerukunan. Jurnal Pemikiran Agama dan Masyarakat, 8(2), 75-90.
Syarif, H. (2017). Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama di Kota Malang.” Jurnal Sosial dan Humaniora*, 6 (2), 98-112
Supriyadi,A. (2023). Dinamika Sosial di Pontianak: Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Hubungan Antaragama. Jurnal Sosial dan Agama, 12(3), 42–57.
Supriyadi,A. (2023). Ketegangan Antaragama di Pontianak: Sebuah Analisis. Jurnal Sosial dan Budaya, 12(1), 45-60.
Supriyadi, H. (2023). Ketegangan Antaragama Di Kota Pontianak: Sebuah Tinjauan Empiris. Jurnal Sosial dan Budaya, 12(3), 40-50.
Shihab, M. Quraish. (2007). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Wahid Foundation. (2020). Survei Nasional Toleransi Beragama di Indonesia. Jakarta: Wahid Institute.
Yulianti, D.(2020). Pendidikan Multikultural untuk Generasi Muda:Tantangan dan Harapan. Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 85–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Wahyuni, Musmulyadi, Maskuri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.