PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 09 PONTIANAK
Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Kearifan lokal, Respon siswa, PengukuranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android bermuatan kearifan lokal menurut aspek materi dan aspek media pada pelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 09 Pontianak, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran fisika berbasis android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 09 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan dengan model Thiagarajan. Subjek uji coba yang dihasilkan dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 09 Pontianak. Penentuan subjek uji coba dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling di mana penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan pertimbangan tertentu. Sehingga berdasarkan hal tersebut diperoleh subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa X MIA sebanyak 21 siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1). Media pembelajaran berbasis Android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika ini layak digunakan di sekolah, sesuai dengan hasil dari penilaian 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media dengan persentase 82% sangat layak dan 87% sangat layak. 2). Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika di SMA Negeri 09 Pontianak memperoleh skor rata-rata sebesar 75% dengan kriteria baik, baik di artikan bahwa siswa merespon medianya pembelajaran menarik digunakan, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan penyajian materi dalam materi membantu menjawab soal sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan oleh siswa di tingkat SMA ke siswa yang lain.Downloads
References
Abdul, Majid. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal 24
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pen-dekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grafindo Persada
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.