PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KETAPANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.921Keywords:
Media Pembelajaran, Android, Respon Siswa, Gelombang CahayaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan serta kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android menurut ahli materi dan kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android menurut ahli media,. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) berupa produk media pembelajaran fisika berbasis Android pada materi gelombang cahaya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE. Model ADDIE yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari analisis (analysis), rancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian bahwa; 1) Kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android dapat dilihat dari hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 85% dengan kriteria sangat layak; 2) Kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android dapat dilihat dari hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 86% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran fisika berbasis Android pada materi gelombang cahaya yang dikembangkan di anggap layak digunakan sebagai media pembelajaran.Downloads
References
Daftar Pustaka
Matsun, Dochi Ramadhani dan Isnania Lestari.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 9 No. 1 Januari 2018: 99-107.
Rusman, Deni Kurniawan dan Riyana.(2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tegeh, Made., I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.