PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA N 1 NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6540Keywords:
E-LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem PernapasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang 1) valid 2) praktis 3) efektif. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh S.Thiagarajan (Define, Design, Develop and Disseminate). Teknik pengumpulan data: komunikasi tidak langsung, pengukuran dan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket dan tes. Subjek penelitian: kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Nanga Pinoh. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan deskriptif kuantitatif, keefektifan menggunakan nilai KKM yang sudah ditentukan dari sekolah. Hasil penelitian: 1) sangat valid presentase rata-rata sebesar 86,24% 2) sangat praktis dengan presentase respon siswa 96,25% dan respon guru sebesar 100% 3) efektif dengan kriteria nilai diatas KKM presentase rata-rata seluruh siswa sebesar 89,66% dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 93,33% Kesimpulan: E-LKPD berbasis Problem Based Learning yaitu sudah tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Azrai, Eka Putri, et al. "Kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA di Jakarta Timur." Edusains 12.1 (2020): 89-97.
Azrina, Nuril. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di MAN 2 Jember. Diss. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2022.
Candra. Pengembangan LKPD berbasis project based learning pada materi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA Negeri 3 pangkep, 2019.
Dwi Aulia. Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan,2021.
Mustofa, Aisyah Nur, and Guntur Trimulyono. "Profil dan Validitas E-LKPD Identifikasi Jamur Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik." Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11.3 (2022): 610-620.
Maelasari, Neneng. Pengembangan model peta pikiran (Mind Mapping) berbasis nilai Profetik dalam pembelajaran menulis eksposisi siswa kelas X SMA di kabupaten Bandung. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.
Sani, Ruth, et al. "Development of novel ADCs: conjugation of tubulysin analogues to trastuzumab monitored by dual radiolabeling." Cancer Research 74.20 (2014): 5700-5710.
Sugiyono . (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Sukardi Sukardi, Nawawi Nawawi, PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 PONOROGO MATERI GENTIKA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- January Cristi, Ivan Eldes Dafrita, Nawawi Nawawi, PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X SMA NEGERI 1 SIDING , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 7 No. 1 (2024)
Similar Articles
- Mustika Sari, Nova Cantika, Eka Trisianawati, Pengembangan Soal Berbasis Problem Based Learning (PBL) Sebagai Pengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMPN 7 Mempawah Hulu , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 7 No. 1 (2024)
- Siti Halijah, Handy Darmawan, Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learningdan Project Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Siswa padaMateri Fluida Statis di Kelas XI SMA Panca Bhakti Pontianak , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Andini Prameswari, Wahyudi Wahyudi, Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Project Based Learning Ditinjau Dari Katerampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Panca Bhakti Pontianak , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Ardi Fahruriyannur, Soka Hadiati, Boisandi Boisandi, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEREMEDIASI PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATAP MARAU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- margaretha kurniati pati, adi pramuda, nurussaniah nurussaniah, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWER POINT BERBANTUAN APLIKASI POWER DIRECTOR PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- January Cristi, Ivan Eldes Dafrita, Nawawi Nawawi, PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X SMA NEGERI 1 SIDING , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 7 No. 1 (2024)
- 1Ita purnamsari, Handy Darmawan, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUSBERUBAH BERATURAN DIKELAS X SMA NEGERI 3BENGKAYANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Rupika Rupika, Handy Darmawan, PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 BOYAN TANJUNG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- oktavianus alot, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI GAYA DI SMP NEGERI 1 BANYUKE HULU KABUPATEN LANDAK KELAS VIIIC TAHUN PELAJARAN 2022/2023 , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 2 (2023)
- PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 7 No. 1 (2024)
You may also start an advanced similarity search for this article.