PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATERIA DE VIRION BERBANTUAN QUIZWHIZZER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DISMA NEGERI 2 SUNGAI AMBAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v8i1.6543Keywords:
Games, Materia De Virion, Quizwhizzer, Kemampuan pemahaman konsepAbstract
Game edukasi merupakan salah satu media yang digunakan untuk membimbing dan meningkatkan pengetahuan pengguna dengan cara yang unik dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti berupaya untuk mengembangkan game edukasi Materia De Virion berbantuan Quizwhizzer sebagai sumber alternatif. Media game edukasi Materia De Virion merupakan media yang berbentuk game dengan berbantuan aplikasi Quizwhizzer, dimana di dalam media terdapat pertanyaan yang dilengkapi dengan gambar sehingga dapat menunjang kemampuan pemahaman konsep oleh siswa terhadap materi virus. Berdasarkan masalah dan tujuan yang telah dirumuskan, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau biasa disebut metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE karena jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan suatu produk.Dari hasil penilaian validasi media, maka diperoleh nilai rata-rata untuk hasil validasi media sebesar 80% dengan kriteria layak. Sehingga media game edukasi Materia De Virion ini dikatakan layak untuk digunakan untuk sebagai ujicoba kepada siswa. Dari hasil validasi materi didapatkan nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 91,37% dengan kriteria sangat layak. Maka rekapitulasi dari penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 85,68% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam suatu penelitan. Hasil analisis dari angket respon siswa terhadap game edukasi Materia De Virion pada tabel 4.4 didapatkan hasil persentase sebesar 72,21 yang sesuai dengan skala ketentuan yang digunakan dan hasil n-gain yang diperoleh sebesar 0,7 dengan kriteria peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Tingkat kelayakan media game edukasi Materia De Virion berbantuan Quizwhizzer terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang sebesar 85,68% dengan kategori sangat layak. (2) Tingkat kepraktisan dari media game edukasi Materia De Virion berbantuan Quizwhizzer terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang sebesar 72,21% dengan kategori prakits. (3) Tingkat keefektifan media game edukasi Materia De Virion berbantuan Quizwhizzer terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang sebesar 0,5 dengan peningkatan tinggi dan termasuk efektif.
Downloads
References
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Mengahadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Jurnal Of Education, 65.
Oktaviana, V., Noor, R., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Komik Biologi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 67.
Sari, D. A., Rosdiana, L., & Purnomo, A. R. (2019). Validitas Pengembangan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 394.
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 329.
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA,cv.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
-
Abstract2
-
pdf1