PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v23i1.7658Keywords:
pengembangan, e-book, bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepraktisan serta efektivitas pemanfaatan e-book dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian ini penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, serta menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bontonompo, Kabupaten Gowa. Subjek penelitian adalah para ahli dan siswa kelas VII sebanyak 30 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa e-book memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis dalam penggunaannya di kelas. Selain itu, efektivitasnya terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa. Produk e-book yang dikembangkan layak diimplementasikan sebagai media pada pelajaran Bahasa Inggris.
Downloads
References
Agustinah, & Ary, Y. (2019). Penerapkan Penggunaan Bahan Ajar Bagi Guru Di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Journal Educative : Journal Of Educational Studies, 3(1).
Alim, B., Nurhikmah, & Arismunandar. (2023). Development Of A Web-Based Digital Mathematics Book For Class Vii Odd Semester Of Smpn 5 Watansoppeng. Mapan, 11(1), 120–135.
Amaliah, A., Raya, J. M., & Makassar, K. (2022). Uji Praktis E-Book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. 1(1), 67– 74.
Amirtharaj, A. D., Raghavan, D., & Arulappan, J. (2023). Preferences For Printed Books Versus E−Books Among University Students In A Middle Eastern Country. Heliyon, 9(6).
Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3).
Arnidah, A., Anwar, C. R., & Hasfat, H. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Buku Elektronik Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk.
Arofah, Rahmat, & Hari, C. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 3(1), 34–43.
Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh Dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063.
Elvinawati, Novia Anjani S Afitri, & S. R. (2022). Pengembangan E- Modul Kimia Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Larutan Penyangga. Alotrop, 6(2), 156–164.
Etikasari, R., Degeng, I. N. S., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengembangan E-Book Bahasa Inggris Kelas XI SMA Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek.
Febriati, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299.
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359.
Hardiansyah, F. (2022). Improve Science Learning Outcomes For Elementary School Students Through The Development Of Flipbook Media. 8(6).
Hasanudin, C., & R. (2022). Pemanfaatan Media E-Book Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2(1), 366–370.
Hidayat, A. (2021). Pendidikan Generasi Alpha. Jejak Pustaka.
Junaidi, T., Hidayat, M. T., Effendi, D. I., Rizki, A., & Nuriana, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Smp. International Journal Of Community Service Learning, 6(1), 78–86.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022.
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Book Di Masa Pandemi Covid-19. AL-IRSYAD, 10(2).
Momang, H. D. (2021). Pengembangan Model Buku Ajar Digital Keterampilan Menyimak Berdasarkan Pendekatan Autentik. KEMBARA Journal Of Scientific Language Literature And Teaching, 7(1).
Muslim, F., Refnida, R., Chen, D., & Wirayuda, R. P. (2021). Macroeconomic Digital Book Development: How Are The Feasibility Of Experts And Student Responses. Journal Of Education Technology, 5(3).
Nurhikmah, H., Arnidah, A., & Hasfat, H. (2021). The Development Of Multimedia-Based Digital Simulation E-Book For Vocational Schools. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 84–96.
Rosmawati, W. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Book Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 979–1002.
Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi: Buku Ajar Yang Bercerita. 5(1).
Simbolon, M. & N. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542.
Widiyanti, R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Book Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Ekonomi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2803–2818.
Wijaya, Rahmad, Suratno, & Budiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Pengapian Sepeda Moto. 2(4), 513–523.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvih Silvih, Arismunandar Arismunandar, Arnidah Arnidah, Nurhikmah H Nurhikamh H

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.