PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII

Authors

  • Silvih Silvih State University of Makassar
  • Arismunandar Arismunandar State University of Makassar
  • Arnidah Arnidah State University of Makassar
  • Nurhikmah H Nurhikamh H State University of Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v23i1.7658

Keywords:

pengembangan, e-book, bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepraktisan serta efektivitas pemanfaatan e-book dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian ini penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, serta menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bontonompo, Kabupaten Gowa. Subjek penelitian adalah para ahli dan siswa kelas VII sebanyak 30 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa e-book memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis dalam penggunaannya di kelas. Selain itu, efektivitasnya terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa. Produk e-book yang dikembangkan layak diimplementasikan sebagai media pada pelajaran Bahasa Inggris.

Downloads

References

Agustinah, & Ary, Y. (2019). Penerapkan Penggunaan Bahan Ajar Bagi Guru Di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Journal Educative : Journal Of Educational Studies, 3(1).

Alim, B., Nurhikmah, & Arismunandar. (2023). Development Of A Web-Based Digital Mathematics Book For Class Vii Odd Semester Of Smpn 5 Watansoppeng. Mapan, 11(1), 120–135.

Amaliah, A., Raya, J. M., & Makassar, K. (2022). Uji Praktis E-Book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. 1(1), 67– 74.

Amirtharaj, A. D., Raghavan, D., & Arulappan, J. (2023). Preferences For Printed Books Versus E−Books Among University Students In A Middle Eastern Country. Heliyon, 9(6).

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3).

Arnidah, A., Anwar, C. R., & Hasfat, H. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Buku Elektronik Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk.

Arofah, Rahmat, & Hari, C. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 3(1), 34–43.

Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh Dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063.

Elvinawati, Novia Anjani S Afitri, & S. R. (2022). Pengembangan E- Modul Kimia Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Larutan Penyangga. Alotrop, 6(2), 156–164.

Etikasari, R., Degeng, I. N. S., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengembangan E-Book Bahasa Inggris Kelas XI SMA Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek.

Febriati, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299.

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359.

Hardiansyah, F. (2022). Improve Science Learning Outcomes For Elementary School Students Through The Development Of Flipbook Media. 8(6).

Hasanudin, C., & R. (2022). Pemanfaatan Media E-Book Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2(1), 366–370.

Hidayat, A. (2021). Pendidikan Generasi Alpha. Jejak Pustaka.

Junaidi, T., Hidayat, M. T., Effendi, D. I., Rizki, A., & Nuriana, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Smp. International Journal Of Community Service Learning, 6(1), 78–86.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022.

Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Book Di Masa Pandemi Covid-19. AL-IRSYAD, 10(2).

Momang, H. D. (2021). Pengembangan Model Buku Ajar Digital Keterampilan Menyimak Berdasarkan Pendekatan Autentik. KEMBARA Journal Of Scientific Language Literature And Teaching, 7(1).

Muslim, F., Refnida, R., Chen, D., & Wirayuda, R. P. (2021). Macroeconomic Digital Book Development: How Are The Feasibility Of Experts And Student Responses. Journal Of Education Technology, 5(3).

Nurhikmah, H., Arnidah, A., & Hasfat, H. (2021). The Development Of Multimedia-Based Digital Simulation E-Book For Vocational Schools. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 84–96.

Rosmawati, W. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Book Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 979–1002.

Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi: Buku Ajar Yang Bercerita. 5(1).

Simbolon, M. & N. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542.

Widiyanti, R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Book Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Ekonomi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2803–2818.

Wijaya, Rahmad, Suratno, & Budiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Pengapian Sepeda Moto. 2(4), 513–523.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Silvih, S., Arismunandar, A., Arnidah, A., & Nurhikamh H, N. H. (2025). PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 23(1), 63–72. https://doi.org/10.31571/edukasi.v23i1.7658

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)