EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI HANYU SHUIPING KAOSHI LEVEL 2
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v23i1.8733Keywords:
e-book, hasil belajar, kemandirian belajar, HSK 2, efektivitas pembelajaranAbstract
Penelitian ini tujuannya untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan e-book Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) level 2 terhadap hasil dan kemandirian belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi experimental design dengan desain pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, angket kemandirian belajar, serta uji statistik menggunakan N-Gain, Paired Sample T-Test, dan Cohen’s d untuk mengukur dampak intervensi e-book. Sampel penelitian sebanyak 50 orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin yang berasal dari dua Universitas yang berada di Malang, 27 orang dalam kelompok kontrol dan 23 orang dalam kelompok eksperimen. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai t sebesar -26.558 dengan signifikansi 0.000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penggunaan e-book HSK 2 terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-book HSK 2 ialah media pembelajaran yang efektif guna menaikkan hasil belajar serta kemandirian belajar mahasiswa.
Downloads
References
Ai Min, T., Yee Min, O., Pei Qi, C., Lee Yoon, C., Siew Mei, L., & Hanim Rahmat, N. (2022). Exploring strategies in language learning: the case for Mandarin as a foreign language. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(11), 1592–1610.
Alwan, M. (2018). Pengembangan multimedia e-book 3d berbasis mobile learning untuk mata pelajaran geografi SMA guna mendukung pembelajaran jarak jauh. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(2), 26–40.
Alperi, M. (2019). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal teknodik, 99-110.
Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. In Proceedings of the Universitas Negeri Surabaya Physics Seminar (Vol. 1, pp. 81-85).
Andriani, Z. D. (2024). Pembuatan e-book kosakata bahasa mandarin-indonesia pada divisi industrial engineering pt jiale indonesia textile.
Budiyanto, V. N. (2025). Pembuatan E-book Kosakata Purchase Bahasa Indonesia-Bahasa Mandarin PT Young Tree Industries.
Cahyono, V. N. A., & Ambarwati, R. (2025). Pengembangan E-book Interaktif sebagai Sumber Belajar Submateri Animalia Invertebrata untuk Melatihkan Kemandirian Siswa SMA Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 14(1), 001-015.
Christian, J., Thamrin, L., & Lusi. (2012). Pemanfaatan aplikasi Chineseskill dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa prodi pendidikan bahasa Mandarin. Cakrawala Linguista, 10(1), 1–11.
Irwansyah, M. R., Nurhikmah, H., & Sinaga, A. V. (2020). The effect of tutoring on Indonesian language learning outcomes of high school students in elementary schools. Jurnal Basicedu, 5(1), 247–255.
Juwandi, J., & Widyana, R. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal spirits, 10(1), 49-64.
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 2(1), 458-470.
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82.
Liwang, J. (2013). Pembuatan E-book Interaktif Untuk Pembelajaran Huruf Dasar Mandarin Bagi Pemula Berbasis Web. CALYPTRA, 2(2), 1-19.
Mannahali, M., Usman, M., & Saleh, N. (2023). Model-Model pembelajaran dalam pengajaran bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Mandarin, 7(1), 51-60.
Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1), 71–93.
Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2015). Penggunaan digital book berbasis android untuk pada pelajaran bahasa Arab. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 170–182.
Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9.
Peng, Y., Yan, W., & Cheng, L. (2021). Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK): A multi-level, multi-purpose proficiency test. Language Testing, 38(2), 326–337.
Rosida, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(1), 116746.
Sari, M. P. (2023). Pembuatan e-book kosakata bahasa Idonesia-Mandarin departemen sheet PT Alpha Altitude Paper Semarang.
Satriana, Syamsuri, S., & Akhir, M. (2023). Pengembangan media codibook (learning comic berbasis digital book ) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa Sekolah Dasar. 08, 1–23.
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Agus, R. T. A., & Pertiwi, D. (2022). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah logika komputer. Journal of Science and Social Research, 5(3), 715.
Silalahi, V., Dumayanti, I. S., & Panggabean, H. (2023). e-book pada Telepon Selular sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. METHOSISFO: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 3(2), 130-136.
Su, Y., & Shin, S. (2015). Test Review : The New HSK. Iranian Journal of Language Testing, 5(2), 96–109.
Sumarmo, U. (2002). Kemandirian belajar: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik, FPMIPA UPI. Academia.Edu, 1983, 1–9.
Taqwa, M. R. A., Utami, Y. A., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan buku siswa elektronik berbasis android pada materi suhu dan kalor untuk persiapan ujian nasional SMA/MA. 4(1), 225–234.
Utami, T. E., & Retnantiti, S. (2022). Pengembangan E-book Bahasa Mandarin “学汉语” Berbasis Kvisoft Flipbook Maker untuk Siswa Kelas XI SMA Islam. Journal of Language Literature and Arts, 2(12), 1696-1708.
Winata, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul interaktif berbasis proyek pada mata pelajaran simulasi digital kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1).
Ying, Y., Marchelline, D., & Wijaya, G. (2021). Using Technology-flashcard to encourage students learning Mandarin. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1).
Yulianingsih, I. (2023). Pembuatan E-book Kosakata Bahasa Indonesia-Bahasa Mandarin pada Kegiatan Administrasi di HRD PT Formosa Bag Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhatu Sitaresmi, Yohanna Nirmalasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.