HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP 03 SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3112Keywords:
Penggunaan internet, Sumber, Hasil belajar.Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP 03 Sungai Raya Pada Mata Pelajaran Pendidiikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP 03 Sungai Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Korelasional. Jenis Pendekatan Kuantitatif. Teknik komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan pedoman wawancara dengan menggunakan product moment. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa Penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII SMP 03 Sungai Raya termasuk kategori Sedang Rata-rata adalah 60,00. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa sebagian besar responden telah menggunakan internet sebagai untuk mencari sumber belajar dan mudah akses dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan pengisian angket yang dilakukan oleh responden. Hasil Belajar siswa dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP 03 Sungai Raya bahwa menunjukan Rata-rata adalah 80,00 atau dalam kategori sedang. hasil belajar pada umumya meningkatkan sumber wawasan bertambah.
Downloads
References
Aji Supriyanto.(2005). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek
Aji Supriyanto. (2007), Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang Warsita (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Bride, Mac. (2001). Internet. (diterjemahkan oleh: Sugeng Panut). Jakarta: Kesaint Blanc.
Darmadi, Hamid.(2013). “Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanâ€.
Deni Darmawan. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Emzir.(2008).Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.jakarta: PT.Rajagrafindo
Darmadi, Hamid.(2013). “Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanâ€.
Deni Darmawan. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Emzir.(2008).Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.jakarta: PT.Rajagrafindo
Hadari Nawawi (2011), Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hamzah dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Jeni Hamzah.(2013). Hubungan Penggunaan Gadget Dan Motivasi BelajarDengan Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sd Negeri Pai Kota Makassarâ€.
Lamatenggo, Nina & Hamzah B. (2011). Terknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hadi Rianto, Refi Pratewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.