Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Media Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7623Keywords:
Model Pembelajaran Probing Prompting, Media Question Card, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi. Menggunakan desain control group pretest-posttest, penelitian membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran berbasis probing prompting dengan bantuan question card, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode ceramah konvensional. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata 71,67, simpangan baku 11,02, dan varians 121,51. Sementara kelompok kontrol memperoleh rata-rata 63,38, simpangan baku 12,7, dan varians 161,04. Uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (12,37 > 2,02), yang menandakan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran probing prompting berbantuan question card terbukti efektif dan direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn.
Downloads
References
Abrori, Cholis. 2017. Pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 1 Wonogiri (diakses pada 5 Agustus 2023).
Ahmadi, Abu., Supriyono, Widodo. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Aqib, Jainal. 2013. Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Budiningsih Asri. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Fisher, Alec. 2019. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Ghufron, M. N dan Risnawita, R. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Muna, Nilna. 2019. Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan metode problem solving dan metode problem possing pokok bahasan system persamaan linier tiga variable kelas X di MAN Wlingi Blitar. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya : IAIN Sunan Ampel.
Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Norris, S. and Ennis, R. 2013. Evaluating Critical Thinking. Pacitif Grove, CA: Critical Thinking Press and Software.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yaumi, dan Damapoli. 2014. Action Research: Teori, Model, & Aplikasi. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadilla Mulia, Firman, Dona Sariani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.