Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Media Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi

Authors

  • Fadilla Mulia Universitas Jambi
  • Firman Universitas Jambi
  • Dona Sariani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7623

Keywords:

Model Pembelajaran Probing Prompting, Media Question Card, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi. Menggunakan desain control group pretest-posttest, penelitian membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran berbasis probing prompting dengan bantuan question card, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode ceramah konvensional. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata 71,67, simpangan baku 11,02, dan varians 121,51. Sementara kelompok kontrol memperoleh rata-rata 63,38, simpangan baku 12,7, dan varians 161,04. Uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (12,37 > 2,02), yang menandakan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran probing prompting berbantuan question card terbukti efektif dan direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn.

Downloads

Author Biographies

Firman, Universitas Jambi

Dosen

Dona Sariani, Universitas Jambi

Dosen

References

Abrori, Cholis. 2017. Pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 1 Wonogiri (diakses pada 5 Agustus 2023).

Ahmadi, Abu., Supriyono, Widodo. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Jainal. 2013. Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Budiningsih Asri. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Fisher, Alec. 2019. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Ghufron, M. N dan Risnawita, R. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muna, Nilna. 2019. Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan metode problem solving dan metode problem possing pokok bahasan system persamaan linier tiga variable kelas X di MAN Wlingi Blitar. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya : IAIN Sunan Ampel.

Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Norris, S. and Ennis, R. 2013. Evaluating Critical Thinking. Pacitif Grove, CA: Critical Thinking Press and Software.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, dan Damapoli. 2014. Action Research: Teori, Model, & Aplikasi. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Fadilla Mulia, Firman, & Dona Sariani. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Media Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 182–190. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7623