Penerapan Nilai Toleransi Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMA Negeri 13 Kota Jambi

Authors

  • Dimas Renaldy Universitas Jambi
  • Firman Universitas Jambi
  • Tohap Pandapotan Simaremare Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7628

Keywords:

Application of Values, Tolerance, Student Council, SMA Negeri 13 Jambi City

Abstract

Toleransi atau tolerantia berarti kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran. Secara umum istilah toleransi mengacu pada sikap keterbukaan, lapang dada, suka rela dan kelembutan. Unesco mengartikan toleransi sebagai sikap saling menghormati, saling menerima, saling menghargai, dan memahami di tengah keragaman budaya yang ada. Toleransi harus di dukung dengan cakrawala pengetahuan yang luas, terbuka, dialog, kebebasan berpikir dan beragama. Kata toleransi setara dengan sikap positif, dan menghargai orang lain dalam menggunakan kebebasan hak asasi sebagai manusia. (Darmodiharjo dan Shidarta, 2016). Secara ilmiah toleransi adalah pemberian pembebasan tersendiri kepada individu atau kepada masyarakat untuk menjalankan keyakinannya atau mengatur hidup dan menentukan nasibnya selagi tidak melanggar dan tidak bertentangan dengan syarat-syarat atas terciptanya ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat. Jadi dalam pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa toleransi adalah sikap menghormati, memahami, menerima, menghargai, dan mengakui terhadap keyakinan orang lain.

Downloads

Author Biographies

Firman, Universitas Jambi

Dosen

Tohap Pandapotan Simaremare, Universitas Jambi

Dosen

References

Achmad Ryan Fauzi, Zainuddin, Rosyid Al Atok. 2017. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, Vol. 2 No. 2.

Agus Supriyanto, Amien Wahyudi. 2017. Skala Karakter Toleransi: Konsep dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan dan Kesadaran Individu. Jurnal Ilmiah Counsellia Vol. 7 No. 2.

Agus Supriyanto, Skala Karakter Toleransi. Jurnal Ilmiah Coselia, Vol. 7, No. 2,(November 2017), hlm.65.

Ahmad Syarif Yahya.2017. Ngaji Toleransi. PT Alex Media Komputindo: Jakarta.

Arifin, J. 2020. Pemuda Kampung Harapan. Gue Pedia: Bandung.

Asep Kurnia.2018. Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya:Bandung.

Askhabul Kirom. 2017. Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal al-murabbi, Vol. 3 No 1.

Dewi Anggraeni, Siti Suhartinah. 2018. “ Toleransi antar umat beragama perspektif KH. Ali Mustafa Yaqub” Jurnal Studi Al-Qur’an Vol. 14 No. 1.

Duha, T. 2020. Motivasi Untuk Kerja. CV Budi Utama: Yogyakarta

Elisabeth Djuniasih dan Aceng Kosasih. 2019. Penerapan Karakter Toleransi Beagama Pada Masyarakat Cigugur Kuningan Ynag Pluralis. Jurnal Pendidikan Karakter, vol. IX, No. 1.

Fakhrurrazi.2018. Hakikat Pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol XI No. 1.

Hanani, S. 2019. Merawat sikap toleransi beragama di tengah masyarakat majemuk. Uwais Inspirasi Indonesia: Ponorogo.

Hammi Fadlilah Nasution. 2017. Instrumen Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif’, Jurnal Almasharid, 2017, h. 70 <http://jurnal.iain-padangsidampuan.ac.id/index.php/Al-masharif/aricle/view/721/63

Hasbullah,2003 “Dasar-Dasar ilmu Pendidikan”, PT Raja Grafindo Persada:Depok.

Hasfiana, Nurman Said, Wahyuddin Naro. 2019. Pembentukan Karakter Toleran Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 22 No. 2.

Idha, Riany, M. Salam., & Sariani, D. (2022). Analisis rendahnya partisipasi siswa dalam kepengurusan OSIS sebagai pembinaan civic disposition di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Civic Education perspective journal, 2.2 (2022): 1-12.

Ihsan El Khuluqo. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.

Imas Kurniasih dan berlin sani. 2017. Pendiidkan Karakter. Kata Pena: Jakarta.

Ismail Suardi Wekke. 2017. Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah: Implementasi di Wilayah Minoritas Muslim. Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 021.

Jamal Ghofir. 2017. Nilai Toleransi Dalam dakwah nabi Muhammad SAW. Dialektika:Yogyakarta.

Kurniasih Imas. Sani Berlin. 2017. Konsep dan Proses Pembelajaran. Kata Pena Jakarta.

M Japar, Syifa Syarifa, Dini Nur Fadhilah. 2020. Pendidikan Toleransi Berbasis Kearifan Lokal. CV Jakad Media: Surabaya.

M. Kahfi. 2018. Penanaman sikap toleransi beragama melalui pembelajaran sejarah materi islamisasi di indonesia pada siswa sma negeri 12 semarang tahun 2017/2018. Skripsi: Unnes.

Maasesh, S. 2008. Kelebihan Osis. Trans Media: Jakarta Selatan.

Mansur Muslich. 2018. Pendidikan karakter. Bumi Aksara: Jakarta.

Moh Khoerul Anwar. 2017. Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Sebagai Pembelajar”. Jurnal Tadris keguruan dan Ilmu Tarbiya, Vol. 02 No.

Mohamad Mustari. 2017. Pendidikan Karakter. PT Rajagrafindo Persada: Depok.

Muawanah. 2018. pentingnya pendidikan untuk tanamkan sikap toleran di masyarakat. Jurnal Vijjacariya, Vol. 5 No. 1.

Muhammad Rifqi Fachria. 2018. Toleransi antarumat beragama dalam al-qur’an. Rajawali Pers:Depok.

Munjiatun. 2018.Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan.Vol. 6 No. 2 .

Pramono, B., U. Muchtaridi dan H. Pajarianto.2022.Implementasi nilai-nilai sesanti Bhineka tunggal ika guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Menuju indonesia emas 2045. PT. Indonesia Emas Group. Kota Bandung.

Razak, Faradilah maulina. “Karakter Toleransi Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA Di SMPN 3 Muaro Jambi” Integreted science Education Journal 1.1 (2020): 01-06.

Ricky Santoso Muharam. 2020. Membangun Toleransi Umat Beragama Di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Jurnal HAM, Vol. 11 No 2.

Safitri, Nelvia eka.2021. Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai nilai toleransi antara umat beragama di sekolah menengah pertama negeri 6 kecamatan jambi selatan kota jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi.

Saifudin, L, H. 2019. Moderasi Beragama. Badan litbang dan Diklat Kementrian Agama RI: Jakarta Pusat

Shofiah Fitriani. 2020. Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman Vol. 20 No. 2.

Sugarda, Y.B. 2022. Multikultularisme dan Toleransi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta Pusat

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D.Alfabeta:Bandung.

Sujak, Z. Akib. 2022. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah. CV Andi Offset: Yogyakarta.

Thaufan, Sapriya. 2018. Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1.

Udin Syaefudin Sa’ud.2018. Inovasi Pendidikan. alfabeta: Bandung.

Uno hamzah B, Atmowidjoyo Sutardjo, Lamatenggo Nina. 2018. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Vijjacariya.2018. Sekolah tinggi agama budha negeri sriwijaya. Jurnal pemikiran dan pendidikan buddhis Vol. V No 1.

Yuberti, Antomi Siregar. 2017. Pengantar Metodologi Pendidikan Matematika dan Sains. Cv Anugrah Utama Raharja: Bandar Lampung.

Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus Di Sekolah. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Dimas Renaldy, Firman, & Tohap Pandapotan Simaremare. (2025). Penerapan Nilai Toleransi Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMA Negeri 13 Kota Jambi . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 124–131. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7628