Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Video Cinematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran di Kelas VII Smp Negeri 7 Sungai Raya
Nana Cahyadi Saputra, Dwi Fajar Saputri, Boisandi
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6492Keywords:
Video Pembelajaran, Video Cinematik, Pengukuran.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dilakukan penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik pada materi pengukuran dikelas  VII  SMPN 7 Sungai Raya, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik pada materi pengukuran dikelas VII SMPN 7 Sungai Raya, 3). Untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah dilakukan penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik pada materi pengukuran di kelas VII SMPN 7 Sugai Raya. Lokasi penelitan diadakan di SMPN 7 Sungai Raya. Sampel penelitian menggunakan perwakilan siswa kelas VII yang berjumlah 14 orang dari kelas VII C. Materi yang dibahas adalah materi pengukuran dari pelajaran ipa. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan Penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran dikelas VII SMP Negeri 7 Sungai Raya. Respon yang didapat dari hasil angket respon siswa adalah repon baik dengan nilai tampilan 80, penyajian materi 85, dan segi kegunaan 75 hasil rata -rata adalah 76% dengan kriteria layak digunakan untuk pembelajaran disekolah.
Downloads
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. jurnal Al-Hikmah,, 1(1).
Barlenti, I. H. (2017). pengembangan LKS berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. . jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)5(1), 81-86.
Effendi, M. S. (2013). Desain eksperimental dalam penelitian pendidikan. Jurnal Perspektif Pendidikan, 87-102.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, D. P. (2021). engaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, , 13(1), 1-11.
Wisada, P. D. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 140-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Similar Articles
- Diana Diana, MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK KELAS VII SMPN 16 PONTIANAKMEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK KELAS VII SMPN 16 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 2 (2023)
- Maryland Badaun, Ardian Arifin, Nurussaniah Nurussaniah, PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK KUBU RAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Mike Evelina, Eti Sukadi, Soka Hadiati, PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Annisa Rahmi, Handi Darmawan, Wahyudi Wahyudi, PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 JONGKONG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Muhimatul Ahkamiyah, Edy Tandililing, Erwina Oktavianty, PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Utami Setyahandani, Handy Darmawan, Matsun Matsun, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KETAPANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Sahdan Sahdan, Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Teluk Keramat pada Materi Kalor dan Perpindahannya , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Laura Vera Pingkan, Dwi Fajar Saputri, Nurussaniah Nurussaniah, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 09 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Tessa Helendriani, Dwi Fajar Saputri, Penerapan Model PembelajaranInkuiriTerhadapKeterampilan Proses SainsSiswa pada MateriGetaran dan Gelombang VIII MTs Negeri Siantan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Novy Pradika Putri, Soka Hadiati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
You may also start an advanced similarity search for this article.