PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KELAS VIII SMP N 1 MEMPAWAH HILIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4307Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar Fisika, Gaya, Kearifan LokalAbstract
Penelitian  ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangan bahan ajar fisika kelas VIII berbasis kearifan lokal pada materi gaya dan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar tersebut. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D atau Four-D merupakan singkatan dari define, design, development, and disseminate. Namun pada penelitian ini dimana model 4-D dimodifikasi menjadi 3-D tanpa melalui tahap akhir yaitu penyebaran. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan media yang valid yang terdapat pada langkah ketiga yaitu pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan alat pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. Ada pun validatornya yaitu validator menurut ahli materi 2 orang dan  ahli  media  2  orang.  Instrumen  yang digunakan  berupakan  skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar yang menggunakan skala likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Bahan ajar fisika kelas VIII berbasis kearifan lokal berdasarkan penilaian menurut ahli materi dengan skor rata-rata 79% dengan kriteria layak, sedangkan penilaian menurut ahli materi dengan skor rata-rata 77% dengan kriteria layakDownloads
References
Oktaviani, Widya. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN.2407-6902).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. (2015). Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi Sets Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia II (1) (2015) 42-48.
Wagiran. (2012). Pengembangan KarakterBerbasis Kearifan Lokal Hamemayu hayuning Bawana. Jurnal Penelitian karakter. Tahun II No. 3.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.
Pasaribu, A., & Saparini, S. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum Newton tentang gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 36-48.
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80.
Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154-162.
Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan video pembelajaran ipa terpadu pada tema konservasi gajah berkarakter peduli lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187-195.
Satriawan, M., & Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6. (ISSN: 2089-1776). Sundayana, H.R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Dalam Makalah Utama Seminar Nasional “Sains dan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.