Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas IKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Muhammad Anwar Rube'i IKIP PGRI Pontianak
  • Fusnika Fusnika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.9133

Keywords:

Pendidikan Demokrasi, Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas

Abstract

Salah satu wujud nilai demokrasi di perguruan tinggi adalah terjadinya pergantian kekuasaan atau kepemimpinan baik rektor maupun dekan. Namun, realitas yang terjadi saat ini adalah masih terdapat distorsi antara sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuia bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam pemilihan dekan dan wakil dekan di IKIP PGRI Pontianak. untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan demokrasi dalam pemilihan Dekan dan Wakil dekan di IKIP PGRI Pontianak. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. alat pengumpul data penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumen. Teknik anaslis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi pendidikan demokrasi dalam Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan di IKIP PGRI Pontianak sudah sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai demokrasi, yaitu kebebasan dalam menyatakan pendapat, kebebasan dalam menentukan pilihan, kebebasan berpartisipasi, kesetaraan dan kesederajatan, kejujuran, saling menghargai dan menghormati.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Anwar Rube'i, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Pendidikan Kewarganegaraan IKIP PGRI Pontianak

References

Anwar & Rohani. (2020). Analisis Pelaksanaan Nilai-Nilai Demokrasi Berdasarkan Sila Ke-Empat Pancasila dalam Pemilihan Rektor IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 (1), Juni 2020, 59-69.

Arief, U. (2010). Mencipakan Sistem Politik Berdasarkan Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Nasional. Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 3 (2), 139–147.

Arwiyah, M.Y. (2012). Status Sosial Ekonomi dan Kualitas Partai Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. MIMBAR. Jurnal Sosial Dan Pembangunan. Vol. 28 (1), 85–92

Arifin, Anwar. (2006). Pencitraan dalam Politik : Strategi Pemenangan Pemilu dalam Perspektif Komunikasi Politik. Jakarta: Pustaka Indonesia

Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional : Rekonsiliasi dan Demokratisasi. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara.

Cholisin. (2013). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak

Gatara, Sahid. (2009). Ilmu Politik Memahami dan Menerapkan. Bandung: Pustaka Setia

Hanun dan Setyowati. (2013). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Pada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 1 (3) Tahun 2013

Ibrahim, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Menghambat Implementasi Prinsip Dasar Demokrasi dalam Proses Pembentukan Peraturan Daerah (Studi Di Kabupaten Lumajang). Jurnal Hukum Argumentum.20 November 2012

Margret, Anna. (2014). Panduan Praktis Metode Penelitian Sosial. Depok: Puskapol FISIP UI.

Mufti dan Naafisah. 2013. Teori-Teori Demokrasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Moleong. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Novianty dan Sulha. (2019). Implementasi Prinsip- Prinsip Demokrasidalam Pemilihan Rektor IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 3, (1), Juni 2019,43-54.

Rohani dan Anwar. (2019). Keterampilan Intelektual Melalui Penerapan Model Project Citizen Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol.10(2), Nopember 2019, 93 – 104.

Syahban dan Sudarsono. (2018). Implementasi Pendidikan Demokrasi Pada Mata Pelajaran IPS Di SMA Negeri 6 Takalar. Equilibrium : Jurnal Pendidikan Sosioologi. Vol. VI. (1). Juli-Desember 2018

Suharyanto, A. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa dalam Pemilihan Kepala Daerah. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area. Vol. 2 (2), 151–160

Surbakti, Ramlan. (2007). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo.

Sukarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyahmo. (2015). Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Taniredja, Tukiran. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Purwokerto: CV. Alfabeta.

Winataputra, Udin Saripudin. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan: Refleksi Historis Epistemologis Dan Rekonstruksi Untuk Masa Depan (http://repository.ut.ac.id/6032/1/2013_142.pdf di akses pada tanggal 28 Juli 2017).

Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta:Gavin Kalam Utama.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Rube'i, M. A., & Fusnika, F. (2025). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas IKIP PGRI Pontianak . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 344–358. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.9133
Metrics
Views/Downloads
  • Abstract
    0
  • pdf
    0

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>