Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas IKIP PGRI Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.9133Keywords:
Pendidikan Demokrasi, Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan FakultasAbstract
Salah satu wujud nilai demokrasi di perguruan tinggi adalah terjadinya pergantian kekuasaan atau kepemimpinan baik rektor maupun dekan. Namun, realitas yang terjadi saat ini adalah masih terdapat distorsi antara sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuia bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam pemilihan dekan dan wakil dekan di IKIP PGRI Pontianak. untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan demokrasi dalam pemilihan Dekan dan Wakil dekan di IKIP PGRI Pontianak. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. alat pengumpul data penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumen. Teknik anaslis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi pendidikan demokrasi dalam Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan di IKIP PGRI Pontianak sudah sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai demokrasi, yaitu kebebasan dalam menyatakan pendapat, kebebasan dalam menentukan pilihan, kebebasan berpartisipasi, kesetaraan dan kesederajatan, kejujuran, saling menghargai dan menghormati.
Downloads
References
Anwar & Rohani. (2020). Analisis Pelaksanaan Nilai-Nilai Demokrasi Berdasarkan Sila Ke-Empat Pancasila dalam Pemilihan Rektor IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 (1), Juni 2020, 59-69.
Arief, U. (2010). Mencipakan Sistem Politik Berdasarkan Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Nasional. Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 3 (2), 139–147.
Arwiyah, M.Y. (2012). Status Sosial Ekonomi dan Kualitas Partai Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. MIMBAR. Jurnal Sosial Dan Pembangunan. Vol. 28 (1), 85–92
Arifin, Anwar. (2006). Pencitraan dalam Politik : Strategi Pemenangan Pemilu dalam Perspektif Komunikasi Politik. Jakarta: Pustaka Indonesia
Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional : Rekonsiliasi dan Demokratisasi. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara.
Cholisin. (2013). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak
Gatara, Sahid. (2009). Ilmu Politik Memahami dan Menerapkan. Bandung: Pustaka Setia
Hanun dan Setyowati. (2013). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Pada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 1 (3) Tahun 2013
Ibrahim, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Menghambat Implementasi Prinsip Dasar Demokrasi dalam Proses Pembentukan Peraturan Daerah (Studi Di Kabupaten Lumajang). Jurnal Hukum Argumentum.20 November 2012
Margret, Anna. (2014). Panduan Praktis Metode Penelitian Sosial. Depok: Puskapol FISIP UI.
Mufti dan Naafisah. 2013. Teori-Teori Demokrasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Moleong. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Novianty dan Sulha. (2019). Implementasi Prinsip- Prinsip Demokrasidalam Pemilihan Rektor IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 3, (1), Juni 2019,43-54.
Rohani dan Anwar. (2019). Keterampilan Intelektual Melalui Penerapan Model Project Citizen Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol.10(2), Nopember 2019, 93 – 104.
Syahban dan Sudarsono. (2018). Implementasi Pendidikan Demokrasi Pada Mata Pelajaran IPS Di SMA Negeri 6 Takalar. Equilibrium : Jurnal Pendidikan Sosioologi. Vol. VI. (1). Juli-Desember 2018
Suharyanto, A. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa dalam Pemilihan Kepala Daerah. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area. Vol. 2 (2), 151–160
Surbakti, Ramlan. (2007). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo.
Sukarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyahmo. (2015). Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Taniredja, Tukiran. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Purwokerto: CV. Alfabeta.
Winataputra, Udin Saripudin. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan: Refleksi Historis Epistemologis Dan Rekonstruksi Untuk Masa Depan (http://repository.ut.ac.id/6032/1/2013_142.pdf di akses pada tanggal 28 Juli 2017).
Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta:Gavin Kalam Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Anwar Rube'i; Fusnika Fusnika (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.
-
Abstract0
-
pdf0