PENGGUNAAN MODEL INKUIRI JURISPRUDENSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3197Keywords:
jurispeidential inquiry model, learning outcomesAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang penggunaan model inkuiri jurisprudensial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan deskriptif. Teknik kominikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan pedoman wawancara. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri jurisprudensial dalam meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas xi sma kemala bhayangkari 1 sungai raya “baikâ€. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut : sudah terencana dengan baik. hal tersebut dibuktikan dengan guru dan peneliti saat berkolaborasi melakukan perencanaan yaitu meliputi: (a) menentukan masalah yang terjadi dalam kegiatan-kegiatan belajar mengajar, (b) mempersiapkan dan menyusun perangkat dan pembelajaran yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp), media, dan speaker, (c) merancang rencana pembelajaran sesuai dengan materi yang mengarah pada model pembelajaran inkuiri yuridisprudensial.
Downloads
References
Abduhzen, Mohammad. (2013). Pendidikan Kita Belum Mengajar Berpikir. Suara Merdeka,13 Januari 2013.
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya.
Arikunto, (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Fitri, W, D. Taher M dan Ahmad Z. “Penerapan model pembelajaran inquiri berbasis pendekatan keterampilan belajar proses untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Kota Ternateâ€.
S Rizka, Rahmawati, dan Herawati, Susilo. “Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malangâ€.
Tipuk Lestari, Emi. 2011. “Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsiâ€. Tidak Diterbittkan. Universitas Negri Semarang.
Widhar. D.U, Dasna W. I, Sulistina. O, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Larutan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pontianakâ€.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moad Moad, Elmiana Ninita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.
-
Abstract168
-
PDF141
Most read articles by the same author(s)
- Dada Suhaida, Moad Moad, Lindasari Lindasari, PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYUSUN ORGANISASI KELAS DI SMP NEGERI 1 JELIMPO KABUPATEN LANDAK , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 4 Nomor 2 Edisi Desember 2020
- Moad Moad, PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 SINGKAWANG , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
- Moad Moad, Zuldafrial Zuldafrial, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP BUMI KHATULISTIWA , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 3 Nomor 2 Edisi Desember 2019
- Syafrial Nur, Moad moad, Fety Novianty, NASIONALISME DI KAWASAN PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA: STUDI KASUS DI KECAMATAN ENTIKONG, KALIMANTAN BARAT , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6 Nomor 1 Edisi Juni 2022
- Sukma Muljani, Syafrial Nur, Moad Moad, PENERAPAN NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB SEBAGAI PERWUJUDAN JIWA SOSIAL MAHASISWA PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
- Moad Moad, Yeswanto Yeswanto, ANALISIS PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) MENUMBUHKAN PARTISIPASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI KECAMATAN PONTIANAK BARAT , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 2 Nomor 1 Edisi Juni 2018
- Moad Moad, Hadi Rianto, PENCEGAHAN TINDAK PERUNDUNGAN (BULLYING) SISWA SMPN Se-KECAMATAN SINGKAWANG UTARA , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Vol. 8 No. 1 (2024): Volume 8 Nomor 1 Edisi Juni 2024
- Moad Moad, Yeni Ristianti, KORELASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN INTERAKSI BELAJAR DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA DARUL ULUM PONTIANAK , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 3 Nomor 1 Edisi Juni 2019
- Moad Moad, Syafrial Nur, Sitti Uswatun Hasanah, PENERAPAN PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA PPKN IKIP PGRI PONTIANAK , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Vol. 7 No. 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Edisi Juni 2023
- Moad Moad, cover jurnal JPKn Voleme 8 Nomor 1 Juni 2024 , Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Vol. 8 No. 1 (2024): Volume 8 Nomor 1 Edisi Juni 2024