Peran Randai Dalam Mengimplementasikan Nilai Moral Kepada Siswa di SMA N 1 Batipuh
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7624Keywords:
Randai, Nilai Moral, Naskah Randai, Seni Budaya, KarakterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batipuh yang tercermin dari perilaku tidak sopan terhadap guru, kasus perundungan, dan tawuran antar pelajar. Kondisi ini menunjukkan lemahnya penanaman nilai moral di lingkungan sekolah, sehingga berdampak pada sikap siswa yang kurang santun dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kesenian tradisional Randai dalam menanamkan nilai moral pada siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui empat tahap: pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Randai tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media penyampaian pesan moral seperti sopan santun, kepedulian, kejujuran, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, Randai berpotensi menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran seni budaya.
Downloads
References
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Cahyanti Alfi. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Moral Melalui Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas Iv Sd Se-Gugus 4 Kwangen Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul.
Ciledug, Kab. Cirebon Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Vol. 2, No. 2, Desember 2019, hlm. 227-242.
Danim, Sudarwan, (2012). Menjadi Peneliti Kualitatif Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, Bandung: Pustaka Setia.
Deny Setiawan (2013) Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter.
Echols, John M. dan Hassan Shadily Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta:PT Gramedia.
Fauzi Andi, Wawancara, Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan selayar Tentang Sikap Jujur Senin 8 juli 2019 jam 10.30-10.50 Di sekolah
Faiqoh Elok. (2021). Implementasi Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Tk-B Muslimat Nu 1 Alhidayah Waja.
Handayani Westi. (2011). Seni Pertunjukan Randai Sebagai Atraksi Wisata Di Desa Wisata Koto Sentajo Kabupaten Kuantan Singingi.
Hastuti Rika. (2013). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Moral Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.
Hisbullah Abdul. (2018). Implementasi Penanaman nilai-nilai Moral dan Kemandirian Sosoal di Sekolah Dasar Plus Qurrota A'Yun Kota Malang.
Jaya Arman. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Moral Pembelajaran PPKn Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar.
Laras Palasara. (2019). Profil Penalaran Moral Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ciledug, Kab. Cirebon Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Vol. 2, No. 2, Desember 2019, hlm. 227-242.
Marzuki; Feriandi, Y. A. (2016). Pengaruh Peran Guru PPKn Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tindakan Moral Siswa. 46(2).
Muchson&Samsuri. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Berbasis Pengembangan Pendidikan Karakter). Ombak (Anggota IKAPI. 126 hlm.; 14,5 x 21 cm ISBN: 978-602-258-O36-2.
Mutmainah, D., & Kamaluddin, K. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa.
Rhaodatul Jannah, (2017). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa. Perpustakaan.Upi.Edu
Safitri Novia. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di Tk Goemerlang Bandar Lampung.
Setyawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan, 5(2), 53–63.
Susilawati Samsul. (2020). Pembelajaran Moral Dan Desain Pembelajaran Moral. Pustaka Egaliter. ISBN 978-623-92918-1-5.
Tsauri Sofyan. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. IAIN Jember Press. ISBN: 978-602-414-030-4.
Yansyukral Fanni. (2012). Fungsi Musik Dalam Seni Pertunjukan Randai Pada Minangkabau Art And Culture Heritage (Mach) Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Yusra, Irzal Anderson, Heri Usmanto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.