Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa PPKn SMPN 19 Jambi

Authors

  • Bela Kurniasari Universitas Jambi
  • Irzal Anderson Universitas Jambi
  • Heri Usmanto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7629

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Guided Inquiry terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain True Experimental dan rancangan Pretest-Posttest Only Control Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 280 siswa.Sampel diambil secara acak dari delapan kelas, dengan VIID sebagai kelas eksperimen dan VIIF sebagai kelas kontrol. Hasil menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 77% (kategori berpikir kritis), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 54%. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga disimpulkan bahwa model Guided Inquiry berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn

Downloads

Author Biographies

Irzal Anderson, Universitas Jambi

Dosen

Heri Usmanto, Universitas Jambi

Dosen

References

Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Cecep, A. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia.

Fisher, Alec. (2017) Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gazali, H., Waidl, A., Kholiluddin, T., Usman, A., & Asroni, A. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. http://www.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Hasil-Tes-Online-2015.pdf.

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).

Seranica Christinsenia. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 1 Jonggat kelas IX. IOSR journal of research and method in education (IOSRJRME) 8. no 1 (2018): h.28.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Bela Kurniasari, Irzal Anderson, & Heri Usmanto. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa PPKn SMPN 19 Jambi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 155–162. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7629

Most read articles by the same author(s)