Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa PPKn SMPN 19 Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7629Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Guided Inquiry terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain True Experimental dan rancangan Pretest-Posttest Only Control Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 280 siswa.Sampel diambil secara acak dari delapan kelas, dengan VIID sebagai kelas eksperimen dan VIIF sebagai kelas kontrol. Hasil menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 77% (kategori berpikir kritis), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 54%. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga disimpulkan bahwa model Guided Inquiry berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn
Downloads
References
Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Cecep, A. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia.
Fisher, Alec. (2017) Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Gazali, H., Waidl, A., Kholiluddin, T., Usman, A., & Asroni, A. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. http://www.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Hasil-Tes-Online-2015.pdf.
Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).
Seranica Christinsenia. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 1 Jonggat kelas IX. IOSR journal of research and method in education (IOSRJRME) 8. no 1 (2018): h.28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bela Kurniasari, Irzal Anderson, Heri Usmanto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.