Peran Guru PKn dalam Menanamkan Budaya Disiplin Pembentuk Karakteristik Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Waipare
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v12i1.8541Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru Pendidikan Kewarganegaraan berkontribusi pada pembentukan budaya disiplin yang membentuk karakteristik peserta didik di SMP Muhammadiyah Waipare. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitataif dan dilakukan di SMP Muhammadiyah Waipare. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif, artinya data dianalisis berdasarkan apa yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mencapai kesimpulan, data diubah menjadi dugaan sementara dan kemudian dikumpulkan lagi secara berulang. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam menanamkan budaya disiplin dapat memengaruhi karakteristik siswa di SMP Muhammadiyah Waipare. Peran guru sebagai pendidik, pemimpin, pengawasan, dan motivator adalah semua peran yang dapat dimainkan oleh guru. Faktor internal, yang berasal dari dalam diri manusia, dan faktor eksternal, yang berasal dari lingkungan, berfungsi sebagai pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakteristik siswa di SMP Muhammadiyah Waipare. dengan rekomendasi untuk guru untuk meningkatkan kreativitas mereka dalam menanamkan budaya disiplin dan membentuk karakter siswa.
Downloads
References
Ahmadin, A., & Sabia, S. (2021). Internalisasi Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1347. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1347-1358.2021
Akmalia, A., & Cahyani, N. D. (2021). Strategi Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, 1, 432–444.
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775
Djunaidi, A., & Sarimawati, T. (2019). Peranan Guru PPKn dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 19. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Juliansyah, H., & Muhyani, M. (2021). Hubungan Antara Akhlak dengan Soft Skill Siswa di SMA Negeri 1 Kota Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 160–170. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.561
Kustomo, K. (2023). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Budaya Antikorupsi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 424–431. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4622
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mamonto, P. W., Pasandaran, S., & Pangalila, T. (2020). Peran guru PKn dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa di SMP Negeri 6 Kotamobagu. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1). https://doi.org/10.36412/ce.v4i1.1874
Mubarok, R. (2022). Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 19–32. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1524
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Nurhidayah, N., Haslan, M., & Zubair, M. (2019). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Disiplin (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 165–173. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.99
Nurinsani, J., Sigab, R. E., Nova, F., & Sinurat, J. (2024). DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 27 MEDAN. 8(6), 418–427.
Puspita, T. R., Tata, I., Sekolah, T., Pemahaman, D., & Disiplin, B. (2013). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Pemahaman Budaya Disiplin Siswa. 3(2), 183–194.
Rince, M. Da, Nuwa, G., & Kpalet, P. (2021). Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.11722
Sukmawati, A. (2022). Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 2(2), 64–71. https://doi.org/10.56393/melior.v2i2.1157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ainun mardia, Rimanto, Moh Fitri, Nurdin ABD. Rahman, Mahdir Muhamad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.