Peran Guru PKn dalam Menanamkan Budaya Disiplin Pembentuk Karakteristik Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Waipare

Authors

  • ainun mardia Universitas Muhammadiyah Maumere
  • Rimanto Universitas Muhammadiyah Maumere
  • Moh Fitri Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti
  • Nurdin ABD. Rahman Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti
  • Mahdir Muhamad Universitas Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v12i1.8541

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru Pendidikan Kewarganegaraan berkontribusi pada pembentukan budaya disiplin yang membentuk karakteristik peserta didik di SMP Muhammadiyah Waipare. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitataif dan dilakukan di SMP Muhammadiyah Waipare. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif, artinya data dianalisis berdasarkan apa yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mencapai kesimpulan, data diubah menjadi dugaan sementara dan kemudian dikumpulkan lagi secara berulang. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam menanamkan budaya disiplin dapat memengaruhi karakteristik siswa di SMP Muhammadiyah Waipare. Peran guru sebagai pendidik, pemimpin, pengawasan, dan motivator adalah semua peran yang dapat dimainkan oleh guru. Faktor internal, yang berasal dari dalam diri manusia, dan faktor eksternal, yang berasal dari lingkungan, berfungsi sebagai pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakteristik siswa di SMP Muhammadiyah Waipare. dengan rekomendasi untuk guru untuk meningkatkan kreativitas mereka dalam menanamkan budaya disiplin dan membentuk karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rimanto, Universitas Muhammadiyah Maumere

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maumere

Moh Fitri, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti

Nurdin ABD. Rahman, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti

Mahdir Muhamad, Universitas Muhammadiyah Maumere

Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere, Jln. Jenderal Sudirman Waioti

References

Ahmadin, A., & Sabia, S. (2021). Internalisasi Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1347. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1347-1358.2021

Akmalia, A., & Cahyani, N. D. (2021). Strategi Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, 1, 432–444.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775

Djunaidi, A., & Sarimawati, T. (2019). Peranan Guru PPKn dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 19. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Juliansyah, H., & Muhyani, M. (2021). Hubungan Antara Akhlak dengan Soft Skill Siswa di SMA Negeri 1 Kota Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 160–170. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.561

Kustomo, K. (2023). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Budaya Antikorupsi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 424–431. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4622

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mamonto, P. W., Pasandaran, S., & Pangalila, T. (2020). Peran guru PKn dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa di SMP Negeri 6 Kotamobagu. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1). https://doi.org/10.36412/ce.v4i1.1874

Mubarok, R. (2022). Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 19–32. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1524

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Nurhidayah, N., Haslan, M., & Zubair, M. (2019). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Disiplin (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 165–173. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.99

Nurinsani, J., Sigab, R. E., Nova, F., & Sinurat, J. (2024). DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 27 MEDAN. 8(6), 418–427.

Puspita, T. R., Tata, I., Sekolah, T., Pemahaman, D., & Disiplin, B. (2013). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Pemahaman Budaya Disiplin Siswa. 3(2), 183–194.

Rince, M. Da, Nuwa, G., & Kpalet, P. (2021). Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.11722

Sukmawati, A. (2022). Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 2(2), 64–71. https://doi.org/10.56393/melior.v2i2.1157

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

mardia, ainun (2025) “Peran Guru PKn dalam Menanamkan Budaya Disiplin Pembentuk Karakteristik Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Waipare”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 12(1), pp. 1–12. doi: 10.31571/sosial.v12i1.8541.