Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter Kepedulian Sosial pada Pembelajaran IPAS

Authors

  • Ronandito Adit Adit Institus Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Nindi Citro Resemi Prihatiningyas ISBI Singkawang
  • Dewi Mariana ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v12i1.8750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan, pengaruh dam respon siswa terhadap model pembelajaran VCT pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design dengan desain penelitian non ekuivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan sampel berjumlah keseluruhan 56 siswa. Pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data uji independent sample t test, effect size, dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Terdapat perbedaan karakter kepedulian sosial siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini dibuktikan dari hasil thitung 46,70 dan ttabel 2,060. (2) Besarnya pengaruh Model VCT Terhadap Karakter Kepedulian Sosial Pada Pembelajaran IPAS, hal ini dibuktikan dari hasil uji effect size menunjukkan bahwa nilai sebesar 1,4, berdasarkan kriteria cohen’s maka nilai 1,4 > 0,8 yang artinya masuk dalam kriteria tinggi. (3) Angket respon siswa menunjukkan respon yang sangat baik, dibuktikan dengan hasil perhitungan persentase mendapatkan hasil 81%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nindi Citro Resemi Prihatiningyas, ISBI Singkawang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, ISBI Singkawang), Jalan STKIP Kelurahan Naram Singkawang Utara Kota Singkawang

Dewi Mariana, ISBI Singkawang

Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, ISBI Singkawang), Jalan STKIP Kelurahan Naram Singkawang Utara Kota Singkawang

References

Anggarini, K. D., Murda, I. N., & Sudiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Gambar Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Tajun. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/865

Amaniyah, I. F., & Nasith, A. (2022). Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya Sekolah Dan Pembelajaran Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 81–95. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1377

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Apriyani, N. M., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan Pendidikan dianggap sebagai wadah paling efektif dalam dan menumbuhkan dalam maupun baik berupa wawasan Sejalan terus menerus dikembangkan agar dari proses pelaksanannya tercipta generasi yang diha. Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(2), hal 110-117.

Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh sikap guru terhadap pengembangan karakter (peduli sosial) siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dewi Widiana Rahayu, M. T. (2020). Analisis Pendidikan Karakter melalui Living Values Education (LVE) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1305–1312.

Fitri, a. A. & E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Admizal 1, Elmina Fitri 2 1,2). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 163–180.

Haris, F., & Gunansyah, G. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Mengharga Jasa Pahlawan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(2), 1–11.

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 662–672. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Isrofah, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI. Radar Kudus, 6(2), h. 1. https://radarkudus.jawapos.com/pendidikan/31/07/2022/implementasi-kurikulum-merdeka-dalam-pembelajaran-pai/

Lestari, R., Jasiah, Rizal, S. U., & Syar, N. I. (2023). Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 34–43. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/15218

Rahayu, D. W., & Taufiq, M. (2020). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Living Values Education (LVE) Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1305-1312.

Sari, D. A. R. P., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 183. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071

Sukatin, Nur’aini, Sari, N., Hamidia, U., & Akhiri, K. (2022). Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 7–13. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung:CV

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, N. Z., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3792–3800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2732

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Adit, R. A., Citro Resemi Prihatiningyas, N. and Mariana, D. (2025) “Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter Kepedulian Sosial pada Pembelajaran IPAS”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 12(1), pp. 83–96. doi: 10.31571/sosial.v12i1.8750.