Membangun Harmoni dan Toleransi dalam Bingkai Keberagaman Agama melalui Pendidikan Multikultural di SMK Kristen Nusantara Kudus
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v12i1.8814Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan multikultural di SMK Kristen Nusantara Kudus dapat membangun harmoni dan toleransi dalam keberagaman agama. Masalah yang diteliti mencakup implementasi pendidikan multikultural dalam kebijakan sekolah, proses pembelajaran, dan interaksi sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural yang diterapkan di SMK Kristen Nusantara Kudus melalui kebijakan non-diskriminatif, kurikulum inklusif, serta pembelajaran berbasis diskusi dan kerja kelompok. Siswa menunjukkan sikap saling menghargai, solidaritas, dan kerja sama dalam kehidupan sekolah. Sekolah juga menyediakan fasilitas ibadah dan menanamkan nilai keberagaman dalam berbagai kegiatan dan materi pembelajaran. Meskipun masih ada tantangan, kebijakan yang diterapkan telah menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis. Pendidikan multikultural terbukti menjadi strategi efektif dalam membangun harmoni dan toleransi dalam keberagaman agama di SMK Kristen Nusantara Kudus.
Downloads
References
Allport, G. W. (1954). The Nature of Prejudice. MA: Addison-Wesley.
Atmaja, I. M. D. (2020). Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23947
Banks, J. A. (2015). Multicultural Education (Second Edi). In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences.
Berry, J. W. (2005). Acculturation: Living Successfully in Two Cultures. Cambridge University Press.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Diniah, S., Al-Falaq, S. A., Sabillah, V. I., & Maulana, R. (2024). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Multikultural dalam Membangun Sikap Toleransi dan Perdamaian pada Peserta Didik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 277–288. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4112
Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship: A Liberal Theory of Minority Rights. Oxford University Press.
Nieto, S., & Bode, P. (2012). Affirming Diversity: The Sociopolitical Context of Multicultural Education. Pearson.
Nursangadah, A., Fitrah, P. F., Agustinisngsih, S., Dahlan, F. N., & Ni’mah, U. K. (2022). Multikulturalisme di Indonesia: Relevansi Pancasila, Islam, dan Kebangsaan. ALSYS: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 253–269. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i2.300
Parekh, B. (2008). Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. Macmillan.
Rasyid, A. R., Raffli, A., Aditiya, A., Rahmadani, S., Hania, Y., & Qiran, Z. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3648–3655. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26700
Sanur, I. S., & Dermawan, W. (2023). Pendidikan Multikultural untuk Membentuk Karakter Bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.8868
Septiani, R., Maha, J., & OK, A. H. (2025). Mengintegrasikan Keberagaman Suku, Agama, Budaya, Sosial, dan Gender dalam Pembelajaran. Nashr Al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam, 7(1), 199–214. https://journalpedia.com/1/index.php/jkli/article/view/4366
Sihombing, L. H., Siahaan, P. G., Purba, N. R., Batubara, D. K., & ... (2024). Penerapan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai KeTuhanan Yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia dalam Perspektif Toleransi Beragama. Selami IPS, 17(1), 44–54. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.65
Sunaryati, T., Aulia, N. R., Yuliyanti, L., Maulana, A. S., & Tasya, A. (2025). Implementasi Multikultural Budaya Dalam Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(1), 878–883. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.16065
Tarmizi. (2020). Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi, Dan Relevansinya Dalam Doktrin Islam. Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.57-68
Tilaar, H. A. R. (2019). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional (Keempat). Grasindo.
Wardani, I. K., Nugroho, A. C., Sumardjoko, B., & Ati, E. F. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2617–2626. https://doi.org/doi.org/10.58230/27454312.625
Wawancara dengan Jacob Felipe. (2025).
Wawancara dengan Krisna Pramudya. (2025).
Wawancara dengan Samuel Santoso. (2025).
Wawancara dengan Wijaya Kusuma Atmaja. (2025).
Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.2370
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun Kesadaran Multikultural Melalui Implementasi Model Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 383–396. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2889
Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1112–1119. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2247
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karina Puji Lestari, Siti Nor Kholisoh, Dewi Setiyani, Ahmad Fatah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.