Membangun Harmoni dan Toleransi dalam Bingkai Keberagaman Agama melalui Pendidikan Multikultural di SMK Kristen Nusantara Kudus

Authors

  • Karina Puji Lestari Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Siti Nor Kholisoh Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Dewi Setiyani Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Ahmad Fatah Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v12i1.8814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan multikultural di SMK Kristen Nusantara Kudus dapat membangun harmoni dan toleransi dalam keberagaman agama. Masalah yang diteliti mencakup implementasi pendidikan multikultural dalam kebijakan sekolah, proses pembelajaran, dan interaksi sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural yang diterapkan di SMK Kristen Nusantara Kudus melalui kebijakan non-diskriminatif, kurikulum inklusif, serta pembelajaran berbasis diskusi dan kerja kelompok. Siswa menunjukkan sikap saling menghargai, solidaritas, dan kerja sama dalam kehidupan sekolah. Sekolah juga menyediakan fasilitas ibadah dan menanamkan nilai keberagaman dalam berbagai kegiatan dan materi pembelajaran. Meskipun masih ada tantangan, kebijakan yang diterapkan telah menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis. Pendidikan multikultural terbukti menjadi strategi efektif dalam membangun harmoni dan toleransi dalam keberagaman agama di SMK Kristen Nusantara Kudus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allport, G. W. (1954). The Nature of Prejudice. MA: Addison-Wesley.

Atmaja, I. M. D. (2020). Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23947

Banks, J. A. (2015). Multicultural Education (Second Edi). In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences.

Berry, J. W. (2005). Acculturation: Living Successfully in Two Cultures. Cambridge University Press.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Diniah, S., Al-Falaq, S. A., Sabillah, V. I., & Maulana, R. (2024). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Multikultural dalam Membangun Sikap Toleransi dan Perdamaian pada Peserta Didik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 277–288. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4112

Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship: A Liberal Theory of Minority Rights. Oxford University Press.

Nieto, S., & Bode, P. (2012). Affirming Diversity: The Sociopolitical Context of Multicultural Education. Pearson.

Nursangadah, A., Fitrah, P. F., Agustinisngsih, S., Dahlan, F. N., & Ni’mah, U. K. (2022). Multikulturalisme di Indonesia: Relevansi Pancasila, Islam, dan Kebangsaan. ALSYS: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 253–269. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i2.300

Parekh, B. (2008). Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. Macmillan.

Rasyid, A. R., Raffli, A., Aditiya, A., Rahmadani, S., Hania, Y., & Qiran, Z. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3648–3655. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26700

Sanur, I. S., & Dermawan, W. (2023). Pendidikan Multikultural untuk Membentuk Karakter Bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.8868

Septiani, R., Maha, J., & OK, A. H. (2025). Mengintegrasikan Keberagaman Suku, Agama, Budaya, Sosial, dan Gender dalam Pembelajaran. Nashr Al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam, 7(1), 199–214. https://journalpedia.com/1/index.php/jkli/article/view/4366

Sihombing, L. H., Siahaan, P. G., Purba, N. R., Batubara, D. K., & ... (2024). Penerapan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai KeTuhanan Yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia dalam Perspektif Toleransi Beragama. Selami IPS, 17(1), 44–54. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.65

Sunaryati, T., Aulia, N. R., Yuliyanti, L., Maulana, A. S., & Tasya, A. (2025). Implementasi Multikultural Budaya Dalam Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(1), 878–883. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.16065

Tarmizi. (2020). Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi, Dan Relevansinya Dalam Doktrin Islam. Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.57-68

Tilaar, H. A. R. (2019). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional (Keempat). Grasindo.

Wardani, I. K., Nugroho, A. C., Sumardjoko, B., & Ati, E. F. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2617–2626. https://doi.org/doi.org/10.58230/27454312.625

Wawancara dengan Jacob Felipe. (2025).

Wawancara dengan Krisna Pramudya. (2025).

Wawancara dengan Samuel Santoso. (2025).

Wawancara dengan Wijaya Kusuma Atmaja. (2025).

Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.2370

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun Kesadaran Multikultural Melalui Implementasi Model Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 383–396. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2889

Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1112–1119. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2247

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Karina Puji Lestari (2025) “Membangun Harmoni dan Toleransi dalam Bingkai Keberagaman Agama melalui Pendidikan Multikultural di SMK Kristen Nusantara Kudus”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 12(1), pp. 97–103. doi: 10.31571/sosial.v12i1.8814.