Fenomena Bullying di Sekolah: Studi Kasus di UPT SMP Negeri 4 Masamba, Luwu Utara
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v12i1.8844Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Tempan penelitian adalah salah satu sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Masamba yaitu UPT SMP Negerti 4 Masamba. Sumber penelitian ini adalah siswa yang pernah mengalami kasus bullying di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau penyimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa terjadi kasus bullying di kelas VIII.5. Kasus bullying yang terjadi yaitu bullying verbal, seperti terjadi kasus di mana pelaku dengan secara langsung mengejek dan merendahkan korban (inisial MD) dengan panggilan yang tidak menyenangkan seperti "Si Bodoh" atau "Si Lalot", merujuk pada sifat korban yang dianggap selalu menyendiri dan lemah juga postur tubuh yang lebih kecil. Tindakan ini menciptakan suasana yang tidak nyaman dan merugikan bagi korban, MD, yang mungkin mengalami penurunan harga diri dan stres akibat perlakuan tersebut. Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru dan khususnya guru BK untuk lebih perhatian terhadap perilaku perilaku yang terjadi disekolah terkhususnya terhadap kasus bullying dan memberikan tindakan yang sesuai baik kepada korban maupun kepada pelaku bullying serta saran kepada korban yaitu diharapkan mereka berani terbuka menceritakan mengenai perilaku bullying yang telah mereka alami disekolah sehingga hal tersebut dapat ditindak lanjuti oleh pihak sekolah secara tepat untuk menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif bebas dari perundungan.
Downloads
References
Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di sdn sangir kecamatan wajo kota makassar. Pascasarjana universitas negeri gorontalo prosiding seminar nasional pendidikan dasar.
Derma Putri, E. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya. Jurnal Penelitian, Pemikiran, Dan Pengabdian, 10(2).
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117
Mashuddin, M., Ridwan, M., Ahmad, S., & Arifin, Z. (2022). Perilaku Bullying Di Sma Negeri 1 Maros (Studi Kasus Pada Siswa Pindahan). Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 2(1), 142–152.
Novarinda Nurul, Felita Listiani, Eka Fatmala, Fathurahman, Mechy, & Fauziah. (2024). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2661
Noviyanti, N. (2023). Bullying Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Siswa Di Mts Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa). Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20, 298–309. https://uia.e-journal.id/guidance
Rizky, octavianto. (2017). Perilaku bullying di sekolah menengah atas kota yogyakarta bullying behavior at high school in yogyakarta city. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(8). www.tempo.com,
Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan KriminologI). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2). www.news.okezone.com,
Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2017). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5, 25–28.
Widyastuti, W., & Soesanto, E. (2023). Analisis Kasus Bullying Pada Anak. Capitalis: Journal of Social Sciences, 1(1), 142–154.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying Oleh. 4(2), 129–389. http://repository.usu.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 risfaisal1988

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.